Pendaftaran Festival Balon Tambat Kota Pekalongan Sudah Dibuka, Ini Syarat Ketentuannya

Lestari budaya balon udara saat memperingati Hari Raya Idul Fitri, AirNav Indonesia bersama Pemkot Pekalongan akan gelar festival balon tambat.

Pendaftaran Festival Balon Tambat Kota Pekalongan Sudah Dibuka, Ini Syarat Ketentuannya
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Rapat koordinasi festival balon tambat di Ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Lestari budaya balon udara saat memperingati Hari Raya Idul Fitri, AirNav Indonesia bersama Pemkot Pekalongan akan gelar festival balon tambat.

Festival tersebut akan digelar di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan pada 12 Juni 2019.

Tak tanggung-tanggung dalam pelaksanaan festival, penyelenggara menyiapkan total hadiah mencapai Rp 70 juta.

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohannes Sirait menjelaskan, festival balon tambat digelar dengan harapan bisa mengubah tradisi lepas balon di Kota Pekalongan yang membahayakan dunia penerbangan.

“Pelepasan balon ke udara membahayakan dunia penerbangan. Maka dari itu, kami gelar festival balon tambat, agar budaya balon udara tetap terjaga, namun tidak membahayakan dunia penerbangan," ujarnya di Ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Kamis (16/5/2019).

Yohanes menjelaskan, ketentuan balon dalam festival balon tambat memiliki diameter maksimal 4 meter dan tinggi 7 meter yang ditambatkan di 3 tali.

“Untuk masyarakat Kota Pekalongan silakan mendaftar karena kami sudah siapkan hadiah total Rp 70 juta serta hadiah lainnya," paparnya.

Sementara itu, Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih menuturkan, festival balon tambat yang akan dilaksanakan Juni mendatang merupakan gelaran festival balon tambat kedua.

“Dengan adanya festival balon tambat itu, bisa memberikan ruang bagi masyarakat untuk melestarikan tradisi masyarakat Kota Pekalongan terkait balon udara," katanya.

Ia menambahkan, Stadion Hoegeng dipilih sebagai tempat pelaksanaan festival karena akses mudah dijangkau masyarakat.

“Festival balon tambat nantinya akan melibatkan peserta dari Kabupaten Batang serta Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan festival akan dimulai pukul 05.00 hingga pukul 09.00,” tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved