Pemilu 2019

Pindah Dapil dari Jateng ke Maluku, Tjatur Sapto Edy Malah Gagal ke Senayan

Tjatur adalah anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional ( PAN) Dapil Jawa Tengah, yang kemudian beralih maju sebagai anggota DPD RI Dapil Malut.

Pindah Dapil dari Jateng ke Maluku, Tjatur Sapto Edy Malah Gagal ke Senayan
KOMPAS/ALIF ICHWAN
Tjatur Sapto Edy 

TRIBUNJATENG.COM, TERNATE - Langkah Tjatur Sapto Edy ke senayan di pemilu 2019, kandas setelah hanya menempati posisi keenam pada perolehan suara Calon anggota DPD RI periode 2019-2014 dari Daerah pemilihan ( Dapil) Maluku Utara.

Tjatur adalah anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional ( PAN) Dapil Jawa Tengah, yang kemudian beralih maju sebagai anggota DPD RI Dapil Malut.

Berdasarkan form model DC1 DPD Maluku Utara hasil pleno rekapitulasi KPU Maluku Utara, Tjatur Sapto Edy hanya menempati posisi keenam perolehan suara terbanyak dengan 32.315 suara.

Sementara calon anggota DPD RI Dapil Malut yang mengantongi suara terbanyak berturut-turut yaitu:

1. Husain Alting Sjah (Sultan Tidore) dengan 140.316 suara

2.Namto Hui Roba dengan 44.608 suara

3. Chaidir Djafar dengan 42.158 suara

4. Suryati Armaiyn dengan 40.998 suara

Dari jumlah tersebut, total jumlah suara sah sebanyak 620.962 dan suara tidak sah 41.432 suara.

Dari keempat calon DPD Dapil Malut tersebut diatas, hanya satu petahana yang kembali lolos yakni Suryati Armaiyn (istri mantan Gubernur Malut), sedangkan tiga lainnya merupakan wajah baru yang akan duduk di parlemen nanti.

Meski Tjatur hanya menempati urutan keenam perolehan suara di DPD RI Dapil Malut, namun menariknya anggota DPR RI asal Dapil Jateng itu memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara yakni 15.564 suara, mengalihkan seluruh calon lainnya.

Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat mengatakan, untuk hasil pemilu 2019 di Maluku Utara sudah selesai diplenokan di tingkat KPU pusat.

“Di pusat sudah. Memang kemarin saat pleno di kpu pusat sempat kita sandingkan data dengan PKB untuk DPD RI tapi akhirnya selesai,” kata Pudja di kantor KPU Malut, Kamis (16/05/2019).(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Walau Pindah Dapil dari Jateng ke Maluku Utara, Caleg PAN Ini Gagal ke Senayan"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved