Ruas Tol Trans Jawa di Wilayah Jawa Tengah Akan Dilengkapi 13 SPBU

Ruas tol trans Jawa yang ada di Jawa Tengah akan dilengkapi dengan 13 rest area untuk menyambut pemudik. Sedangkan 12 rest area untuk arus balik.

Ruas Tol Trans Jawa di Wilayah Jawa Tengah Akan Dilengkapi 13 SPBU
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Pengguna Jalan Tol Trans Jawa melintas di kilometer 344 yang terletak di ruas interchange Pekalongan, Senin (21/1/2019). Tribun Jateng/ Budi Susanto 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ruas tol trans Jawa yang ada di Jawa Tengah akan dilengkapi dengan 13 rest area untuk menyambut pemudik. Sedangkan 12 rest area untuk arus balik.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, mengatakan sebanyak 13 rest area tersebut 7 di antaranya memiliki tempat istirahat dengan pelayanan.

"Sisanya sebanyak 6 rest area hanya digunakan untuk tempat istirahat. Bedanya, rest area yang dilengkapi dengan pelayanan mencakup berbagai fasilitas yang ada. Seperti musala atau masjid, toilet, rumah makan, SPBU, dan lainnya," ucapnya belum lama ini.

Satriyo menghitung sepanjang ruas tol di Jawa Tengah terdapat 9 kios pom bensin, yang terdiri dari dua reguler dan satu modular (dispeneser).

"Sedangkan arus baliknya akan ada 8 kios pom bensin, yang terdiri dari 1 regular dan 2 modular," tambahnya.

Untuk SPBU yang ada di jalan nasional maupun pantura dan pansel, menurut Satriyo sudah cukup. Hanya saja saat musim lebaran nanti konsumsi bahan bakar masyarakat akan naik 14 persen dari hari biasa.

"Jadi kami akan koordinasikan dengan Pertamina tentang kenaikan konsumsi bahan bakar ini supaya bisa tercukupi untuk wilayah Jateng. Lalu untuk rest area yang ada di luar tol, pemerintah sudah mengubah fungsi jembatan timbang menjadi rest area sementara. Selain rest area yang dibentuk oleh masyarakat," bebernya.

Sementara itu, dibandingkan tahun 2018, lonjakan pemudik yang memasuki Jawa Tengah tahun 2019 diperkirakan naik 14-18 persen.

Ia melanjutkan, total pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah yakni 8,4 juta jiwa.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved