Dinas Kesehatan Pastikan Solo Aman dari Cacar Monyet

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memastikan tidak ada warga terjangkit cacar monyet atau Monkeypox.

Dinas Kesehatan Pastikan Solo Aman dari Cacar Monyet
TRIBUN JATENG/DANIEL ARI PURNOMO
Petugas mencoba alat pendeteksi suhu tubuh di ruang kedatangan penumpang internasional Bandara Internasional Adi Soemarmo. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memastikan tidak ada warga terjangkit cacar monyet atau Monkeypox.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular DKK Solo, Agus Hufron mengatakan Kementerian Kesehatan sudah menerapkan pencegahan dini penyebaran virus tersebut di Indonesia.

Salah satunya adalah pemasangan alat pemindai suhu tubuh di bandara dan pelabuhan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Jika ada penumpang yang terdeteksi suhu tubuh melebihi 38 derajat Celcius, langsung observasi di ruang khusus," ujarnya, Jumat (17/5/2019).

Agus menyampaikan gejala penderita cacar monyet meliputi demam, sakit kepala, ruam pada kulit, sakit punggung dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Dia mengimbau warga perlu menerapkan pola hidup bersih.

Selain itu, memastikan makanan berbahan daging agar dimasak secara matang.

Bandara Solo Pasang Pemindai Suhu Tubuh

PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo memasang alat pemindai suhu tubuh di ruang kedatangan internasional.

"Untuk mengantisipasi saja soal Monkeypox dari Singapura. Meski belum ada direct flight Solo-Singapura, kami harus turut siaga," ujar General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Usman Abdulah.

Bilamana ada penumpang terdeteksi bersuhu tubuh sekitar 38 derajat Celcius, tambah Usman, pihaknya akan segera membawa orang tersebut ke rumah sakit terdekat.

"Jadi semua orang yang dari kedatangan internasional terekam pendeteksi suhu ini," imbuhnya. (Dna)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved