Mantap! Pemkab Batang Raih Hattrick Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Bupati: Ini Kebanggaan Bersama

Bupati Batang Wihaji mampu meraih hattrick atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tiga kali berturut- turut.

Mantap! Pemkab Batang Raih Hattrick Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Bupati: Ini Kebanggaan Bersama
ISTIMEWA
Penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) bagi Pemkab Batang di Aula kantor BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Semarang, Jumat (17/5/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Bupati Batang Wihaji mampu meraih hattrick atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tiga kali berturut- turut.

Penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) itu dilakukan di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Semarang, Jumat (17/5/2019).

Bupati Batang Wihaji bersama Ketua DPRD Kabupaten Batang Imam Teguh Raharjo menerima hasil pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2018, dari Kepala BPK RI Perwakilan JawaTengah Ayub Amali.

Menurut Wihaji, penghargan WTP merupakan apresiasi pemerintah atas kerja keras semua ASN jajarannya di Lingkungan Pemkab dan DPRD Kabupaten Batang.

Khususnya dalam kaitan mengelola keuangan dan aset- aset secara transparan serta akuntabel.

"Ini WTP yang ketiga kalinya secara berturut-turut sejak TA 2016, 2017, dan 2018," tutur Wihaji dalam rilisnya.

Prestasi resmi opini WTP dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah menjadi kebanggaan bersama.

Lanjutnya, karena tiga kali berturut- turut sehingga ke depan penghargaan WTP tidak lagi dirasa sebagai hal baru, tapi kewajaran dan sebuah keharusan di Lingkungan Pemkab Batang.

"Semangat kami membangun pengelolaan keungan yang transparan dan akuntabel sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Batang Imam Teguh Raharjo mengatakan, kebanggaan mempertahankan WTP, karena ini merupakan cerminan untuk melakukan sebuah perubahan dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Niat kami berbenah diri dalam pengelolaan keuangan, dari niat yang baik dan bimbingan dari BPK RI, kami yakin ini bisa mempertahankan opini WTP yang berkualitas," ujarnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali mengatakan, Pemkab Batang berhasil meraih dan mempertahankan WTP, namun semikian dari hasil pemeriksaan ada catatan yang harus ditindaklanjuti.

"Catatan kami terkait bantuan operasional sekolah (BOS) yang hampir semua daerah mengalaminya karena jumlah banyak. Maka perlu ditingkatkan pengelolaanya keuangannya, aset, dan pelatihan bagi guru," ujarnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved