Masih Terbuka Jalur Mandiri Bagi Calon Mahasiswa Tak Lolos SNMPTN dan SBMPTN

Jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi NasioNal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah selesai digelar.

Masih Terbuka Jalur Mandiri Bagi Calon Mahasiswa Tak Lolos SNMPTN dan SBMPTN
Dok. Kompas.com
Ilustrasi SNMPTN 2019 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi NasioNal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah selesai digelar.

Jalur lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga telah masuk masa-masa UTBK.

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk di perguruan tinggi negeri tetapi tak lolos dua jalur penerimaan yang telah digelar, masih ada memanfaatkan satu lagi jalur penerimaan yang dibuka. Yakni Ujian Mandiri (UM) atau Seleksi Mandiri (SM).

Kepala UPT Humas Unnes Burhanuddin, mengatakan masih ada kuota 30 persen lewat UM Unnes.

"Untuk SNMPTN kemarin 30 persen, lalu SBMPTN 40 persen dari total mahasiswa baru. Sisanya untuk SM," paparnya, Kamis (16/5/2019).

Dari jadwal yang telah dibuat, menurut Burhanuddin, SM Unnes menggunakan tes berbasis komputer dan juga tes kemampuan Bahasa Inggris.

Pendaftaran dilakukan 20 Mei hingga 16 Juli 2019. Sementara ujian dilakukan 21 Juli mendatang, dan hasil seleksi diumumkan 30 Juli.

"Untuk pendaftraan dilakukan secara online di http://daftar.unnes.ac.id," ujarnya.

Untuk besaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) di Unnes, menurutnya masih dibahas. Berdasar data tahun lalu, besaran SPI di Unnes mulai Rp 5 juta sampai Rp 25 juta.

Meski begitu ia menerangkan penerimaan SM Unnes dibagi menjadi dua jalur, yakni prestasi dan reguler. "Mereka yang diterima di jalur prestasi tak terkena SPI dan mendapatkan UKT rendah," ungkap dia.

"Juga jalur pretasi atau gratis uang pangkal diberikan ke mahasiswa penghafal Alquran. Atau dengan pretasi olahraga ataupun sains."

Sementara di Undip, menurut Kepala Humas dan media Undip Nuswantoro Dwiwarno, Ujian Mandiri kelas internasional dimulai 21 Maret sampai 31 Mei 2019.

Dan untuk UM S1 Vokasi mulai 10 Mei-10 Juli, UM Vokasi PSDKU dimulai 1 Juni-31 Juli 2019. "Besaran SPI berbeda di setiap fakultas," papar dia. (ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved