Kesan Aplikasi Kedaulatan Santri Yang Senantiasa Ingatkan Waktu Beribadah

Menjalankan ibadah di bulan Ramadan kini semakin mudah setelah sebuah perusahaan aplikasi meluncurkan Kesan.

Kesan Aplikasi Kedaulatan Santri Yang Senantiasa Ingatkan Waktu Beribadah
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
Aplikasi : CEO Kesan, Hamdan Hamedan dan Mohammad Zamzami, wakil pengasuh ponpes menunjukan aplikasi kesan yang terinstal di ponsel. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjalankan ibadah di bulan Ramadan kini semakin mudah setelah sebuah perusahaan aplikasi meluncurkan Kesan. Disebut juga sebagai kedaulatan santri (Kesan) aplikasi ini membantu penginstalnya untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik.

Dengan mendownloadnya di ponsel, mereka yang memiliki aplikasi itu akan mendapat notifikasi sebagai pengingat untuk menjalankan salat lima waktu, sunnah, tahajud, membaca Quran, hingga sunnah.

"Jadi kesan ini memang aplikasi kepribadian muslim. Dia hadir 24 jam dan dimanapun ponsel dibawa akan mengingatkan saat tepat beribadah sesuai waktu setempat. Di dalamnya juga ada penunjuk arah kiblat dan Al Quran nya," terang CEO Kesan, Hamdan Hamedan.

Terlebih pada bulan Ramadan seperti saat ini waktu berbuka dan sahur selalu dicari para umat muslim. Disitulah peran aplikasi ini sebagai rujukan. Hanya mendownload dan regristrasi maka pemilik ponsel sudah akan diingatkan dengan notifikasi tanpa harus membuka ponsel.

Hamdan memastikan, aplikasi tersebut bebas iklan, sehingga mereka yang sedang membaca Al Quran atau Hadist melalui Kesan, tidak akan terganggu dengan munculnya pop up iklan.

"Setiap hari juga kami berikan notifikasi yang akan menunjukan hadist harian yang nantinya juga bisa dishare ke sosial media lain baik whatsapp maupun instagram, atau facebook," imbuh pria yang tinggal di Bekasi itu.

Kedepan ia akan merencanakan akan ada fitur live tausiyah. Dalam fitur itu nantinya ia ingin menggandeng para kiyai-kiyai di ponpes untuk live tausiyah. " kurang lebih seperti live di instagram lah, para pengguna yang bukan kiyai nanti yang nonton dan mendengarkan," ucapnya.

Tidak heran saat ini ia telah berkeliling ke ponpes-ponpes untuk mengenalkan aplikasi Kesan ke santri. Jumat (17/5/2019) lalu mereka berkunjung ke Ponpes Assodiqiyah, Kaligawe, Semarang.

Mohammad Zamzami, wakil pengasuh ponpes itu menyebut aplikasi itu sangat membantu santri beribadah. Ia baru mendownloadnya sehari sebelumnya namun sudah mendapat berbagai manfaat.

"Santri tentu sangat membutuhkan ini, segingga nanti mereka bisa beribadah diingatkan untuk membaca Quran, salat lima waktu dan sunnah," ucapnya.

Meski demikian menurutnya itu masih hanya sebatas aplikasi. Diunduh dan diinstalpun jika pemiliknya mengabaikan notifikasi tetap saja tidak akan bermanfaat bagi pemiliknya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved