Kecelakaan Tanah Putih

Keengganan Affandi Bukan Terkait Biaya

Terkait keengganan Affandi (56), warga Jalan Dworowati 6 nomor 29, RT 1 RW 9, Krobokan, Semarang Barat untuk operasi thorax, bukan terkait biaya.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Ahmad Khairudin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Terkait keengganan Affandi (56), warga Jalan Dworowati 6 nomor 29, RT 1 RW 9, Krobokan, Semarang Barat untuk operasi thorax, Humas RS Roemani, Mardliyah mengatakan bukan terkait biaya.

"Pasien menolak operasi karena keluarga korban keberatan," katanya pada Tribun Jateng, Minggu (5/5/2013).

Mardliyah juga belum tahu bagaimana komitmen PO Nugroho terhadap pembiayaan, namun dari Jasa Raharja sudah menyatakan kesanggupan membiayai seluruh biaya perawatan.

Operasi thorax dalam dunia medis termasuk kategori operasi khusus. Selain thorax beberapa kategori operasi khusus diantaranya pembuatan saluran anus, amputasi dan lain-lain.

Sebagai info berdasar keterangan yang diberikan Bagian Informasi, Irma Sefril biaya operasi khusus memang terbilang mahal.

"Itu kan termasuk operasi khusus, biayanya lumayan. Apalagi jika ternyata butuh hingga 2 atau 3 operasi," katanya.

Sebagai ilustrasi untuk operasi khusus dengan asumsi dilakukan satu tahapan saja dan rawat inap selama seminggu bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 12 juta tergantung kelasnya.

Untuk operasi dengan dua tahapan berkisar dari Rp 5 juta - Rp 18 juta, sedangkan untuk 3 kali tahap operasi di angka Rp 9 juta hingga Rp 30 juta. (*)

Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved