Breaking News:

Kuliner

Nikmatnya Soto Ayam Kudus di Mangkuk Kecil, Bikin Pengen Nambah

Soto kudus paling cocok dimakan bersama sate kerang

Editor: agung yulianto
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Soto Ayam Kudus 

BERBURU kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Jika sudah bosan menikmati kuliner lokal yang setiap hari dikonsumsi, kuliner kota tetangga patut dicoba. Apalagi, tidak perlu jauh-jauh ke kota asal untuk menikmatinya. Warung khas daerah mulai menjamur di Kota Lunpia.

Satu di antaranya, soto ayam kudus Pak No. Dirintis sejak 1965, makanan yang melegenda itu patut dicoba. "Sampai sekarang, sudah tiga generasi dan tetap mempertahankan resep masakan soto ayam khas Kudus asli," kata Karyawan Soto Pak No, Ismawanto.

Dalam mempertahankan rasa, bumbu-bumbu yang digunakan tidak diubah dari resep asli. Ismawanto menjelaskan, bumbu-bumbu umum yang digunakan seperti soto pada umumnya, antara lain, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, ketumbar, garam dan ayam.

Pertama, ayam direbus hingga mengeluarkan aroma kaldu menjadi harum. Kemudian, bumbu rempah-rempah yang telah dihaluskan dan ditumis dimasukkan dalam air kaldu. Setelah matang, ayam diangkat dan disuwir-suwir yang kemudian digunakan sebagai taburan ketika soto sudah dihidangkan dalam mangkok.

Yang unik dari soto kudus adalah penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil. Porsi yang agak kecil kadang membuat pelanggan di soto kudus Pak No tidak ragu memesan untuk kedua kalinya.

Setiap porsi yang disajikan, ada menu tambahan yang menjadi teman menyantap soto tersebut. "Khasnya, soto kudus itu ada sate telur, sate ayam, sate kerang, berkedel, tahu bacem, dan tempe di mangkok terpisah namun disajikan dalam satu porsi," papar Ismawanto.

Tidak lupa, potongan jeruk nipis sebagai pelengkap dan penambah rasa. "Soto kudus paling cocok dimakan bersama sate kerang. Mereka sudah seperti jodoh," kata dia.

Soto kudus memiliki cita rasa rempah-rempah yang kuat. Rasa akan bertambah nikmat jika digabungkan sate kerang yang mempunyai karakter rasa yang sedikit manis. Perasan jeruk nipis membuat rasa amis kerang hilang. "Selain menghilangkan rasa amis, jeruk juga menambah rasa segar soto," ujarnya.

Harga satu mangkok soto kudus Pak No Rp 6.000 dan Rp 3.000 untuk satu tusuk sate kerang. Sampai saat ini, soto kudus Pak No yang terletak di Jalan Kaligarang 1 Semarang buka 24 penuh setiap harinya. Sampai saat ini, soto kudus Pak No memiliki tiga tempat lain di Semarang yaitu, di Jalan Thamrin, daerah Sampangan, dan Banyumanik. (luk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved