OUTLOOK 2014

Hendrar Prihadi Fokus Peningkatan Jalan Wilayah Pinggiran

Berikut ini wawancara khusus dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi terkait outlook 2014.

Penulis: bakti buwono budiasto | Editor: iswidodo
TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTYAWAN
Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau biasa disapa HENDI 

Laporan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Berikut ini wawancara khusus dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi terkait outlook 2014 yang disajikan Tribun untuk pembaca. Apa rencana dan prioritas Walikota Semarang tahun depan?.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas Pemerintah Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendrar Prihadi. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya proyek pembangunan di kota Semarang. Di banyak titik kota Semarang ada pembangunan mulai dari jalan, taman, hingga drainase.

Sejumlah proyek telah terselesaikan, namun banyak pula yang belum rampung. Lalu, apakah tujuan dari pembangunan infrastruktur yang secara masif dilaksanakan di Kota Semarang? Beberapa waktu lalu, Tribun Jateng berkesempatan 'ngobrol' dengan Hendi--demikian Hendrar Prihadi akrab disapa--yang baru dua bulan resmi menyandang jabatan wali kota terkait gagasannya soal infrastruktur di Kota Semarang. Berikut petikannya.

Apa konsep dasar pembangunan Kota Semarang, khususnya di bidang infrastruktur?
Infrastruktur menjadi salah satu program prioritas sebagaimana tercantum dalam butir ketiga Sapta Program Kota Semarang. Saya sendiri ingin masyarakat bisa terlayani dengan baik, mulai dari jalannya jangan sampai berlubang hingga pengembangan wilayah pinggiran.

Sebisa mungkin tidak terjadi dikotomi wilayah kota dan wilayah pinggiran. Contoh-contoh program infrastruktur ada lima, yaitu peningkatan jalan dan jembatan di wilayah pengembangan, pengembangan dekorasi kota, peningkatan jalan dan jembatan pengurai kepadatan, optimalisasi perencanaan dalam penyelenggaraan pembangunan, serta pengembangan kawasan strategis, yang mencakup ekonomi, budaya, perdagangan dan jasa, olahraga, pendidikan, dan kawasan lainnya.

Hingga saat ini, apa pekerjaan rumah yang masih belum terselesaikan dalam kaitan dengan pembangunan di bidang infrastruktur pada tahun 2013?
Beberapa PR yang belum terselesaikan secara tuntas pada tahun 2013 dan akan dilanjutkan pada 2014, di antaranya pengembangan jalan ring road semarang (outer ring roads & middle ring roads), serta infrastruktur di bidang transportasi dan drainase. Yang tidak kalah penting, dan ini menjadi tekad saya, adalah menuntaskan rumah warga miskin yang tidak layak huni.

Bagaimana upaya untuk menyelesaikan PR tersebut?
Sebagai langkah tindak lanjut, evaluasi terus kami lakukan. Selain dukungan anggaran, juga diupayakan dari sisi pendekatan masyarakat khususnya terkait program yang membutuhkan pembebasan lahan.
Misalnya, dari 367 paket proyek infraastruktur pada 2013, sekitar 30 di antaranya gagal lelang, atau kontraktor tidak mampu menyelesaikan. Saya tidak ingin proyek yang berhenti itu mangkrak begitu saja. Harus ada sisi kemanfaatannnya.
Saya minta pada teman-teman dinas, agar proyek yang berhenti di tengah jalan bagaimana caranya bisa digunakaan oleh msyarakat. Tentunya dengan menggunakan dana yang ada.

Apa prioritas pembangunan dalam bidang infrastruktur di tahun 2014?
Ada beberapa prioritas yang akan kami lakukan, yaitu dalam skala besar pembangunan fly over Jatingaleh, pengembangan jaringan jalan dan jembatan wilayah hinterland, padat lalu lintas, strategis, dan “wajah kota”.

Persoalan penerangaan jalan juga jadi prioritas kami dan sudah kami anggarkan hingga 2015. Saya sempat menyesal ketika tahun ini, pengadaan lampu kota gagal dilaksanakan. Tapi untungnya tahun ini bisa.
Saya ingin persoalan penerangan listrik di wilayah pinggiran terselesaikan. Kami juga membuka pengaduan masyarakat tentang titik mana saja yang perlu penerangaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved