OUTLOOK 2014

Mantan Ketua KPU Jawa Tengah Khawatir Politik Uang Dianggap Biasa

Politik itu bersih dan sistem pemilihan umum dirancang untuk berkompetisi secara sehat.

Penulis: bakti buwono budiasto | Editor: iswidodo
ist
Partai Peserta Pemilu 2014 sesuai urut nomor 

Laporan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Politik itu bersih dan sistem pemilihan umum dirancang untuk berkompetisi secara sehat. Hal itulah yang diyakini dosen FISIP Undip, Fitriyah hingga sekarang.

Menurutnya, karut marutnya dunia perpolitikan di Indonesia, lebih dikarenakan manusia yang ada di dalamnya. Bukan salah politik atau sistem pemilu.

Ia mengakui, bagaimanapun juga proses pemilu adalah perebutan kekuasan dan kepentingan. Terkadang ada beberapa orang yang bersedia melakukan apapun untuk mendapatkan kekuasan. Lagi-lagi, satu di antaranya adalah money politic.

"Yang saya khawatirkan adalah money politic dianggap biasa. Bahkan, banyak orang yang menganggap dengan uang bisa memenangkan pemilu," kata mantan ketua KPU Jateng 2003-2008 itu saat ditemui di ruangannya, beberapa waktu lalu.

Dalam percaturan politik nasional, partai politik yang saat ini paling disoroti adalah adalah partai Demokrat. Elektabilitas partai berlambang mercy itu diistilahkannya terjun bebas karena banyak kadernya terbelit kasus korupsi.

Lalu, bagaimana dinamika tahun politik 2014? Apakah melemahnya partai penguasa itu akan tampak pengaruhnya pada 2014 mendatang? simak sambungannya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved