Breaking News:

Kuliner

Menikmati Olahan Ramen, Lebih Jos Disantap Bersama Nori

Kami lebih sering share apa yang kami punya di jejaring sosial

Editor: agung yulianto
Tribun Jateng/M Syofri Kurniawan
Beef Ramen 

TIDAK semua lidah orang Indonesia cocok dengan rasa masakan asli Jepang. Karena itu, Pemilik Shiori, Ayu Kurnia Hermawan, berinisiatif memodifikasi menu ramen di kedainya menjadi masakan yang sesuai selera masyarakat Semarang.

"Kalau di Jepang, kaldu yang dipakai adalah kaldu babi. Di Shiori, kami menggantinya dengan kaldu sapi," kata Ayu.

Tetapi, bumbu-bumbu lain yang dipakan tetap menggunakan bumbu khas Jepang. Hanya, komposisinya disesuaikan agar tercipta rasa pas sesuai selera Indonesia. Terbukti, banyak pelanggan yang datang menikmati berbagai sajian masakan Jepang di Shiori.

Menurut Ayu, kebanyakan pelanggan adalah anggota komunitas pecinta Jepang. Tidak hanya menikmati makanan, Shiori juga sering dijadikan tempat nongkrong. Shiori mempunyai cara khusus menjaring pelanggan. "Kami lebih sering share apa yang kami punya di jejaring sosial," terang dia.

Menu yang menjadi unggulan di Shiori di antaranya beef ramen. Ayu menjelaskan, cara pembuatan beef ramen tidak jauh berbeda dari pembuatan ramen lain. "Kami memakai bahan-bahan standart, tidak ada bahan khusus," ujarnya.

Pertama, ramen kering direbus hingga matang. Kemudian, dimasukkan kaldu ikan, kadu sapi, narutomaki, kecap asin, bubuk cabai. Setelah bumbu tercampur sempurna, barulah ramen beserta bumbu dipindah di piring saji.

Untuk menambah rasa dan tampilan, toping berupa telur rebus yang dibelah menjadi dua ditata di dalam mangkok. Selain itu, ada pula irisan tipis sawi serta wortel. Irisan nori dan beef menambah kemeriahan toping dalam seporsi beef ramen.

Karena ramen direbus bersama bumbu, rasa kuah dari kaldu ikan yang dicampur kaldu sapi meresap di setiap helai Ramen. "Kami sengaja memberikan kaldu ikan lebih banyak supaya rasa ramen lebih gurih," papar Ayu. Akan lebih nikmat jika ramen disantap bersama potongan nori dan daging sapi berukuran lumayan besar yang empuk.

Selain menyediakan beef ramen, Shiori juga mempunyai ramen lainnya. Di antaranya, chicken ramen dan unagi ramen. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai Rp 17.500 sampai Rp 20.000. Shiori terletak di Jalan Pamularsih Raya 104, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, buka setiap Selasa-Minggu pukul 17.00-22.00. (Tribun Jateng cetak/luk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved