Breaking News:

Kuliner

Rasa Pedas, Asam, dan Gurih Udang Penyet Gamacandi Bikin Ketagihan!

udang yang telah dibersihkan kepalanya direndam dalam air bumbu

Editor: agung yulianto
Tribun Jateng/M Syofri Kurniawan
Udang Penyet 

TIDAK banyak warung penyet yang menyediakan udang penyet. Bagi Anda yang suka makanan penyet, satu menu andalan di Restoran Gamacandi ini patut dicoba.

Supervisor Gamacandi, Triyono menjamin, udang yang digunakan masih segar dan dimasak ketika pengunjung memesan. Cara penyajiannya pun berbeda, langsung dipenyet bersama sambal mentah di cobek. Sebagai pemanis, disertakan beberapa lembar kubis ukuran kecil, potongan timun, dan daun kemangi yang masih segar.

"Cara penyajian memang berbeda. Udang langsung dimemarkan di cobek bersama sambal. Tapi, jika pengunjung menginginkan udang yang dipesan tidak dimemarkan, kami akan menyajikan secara utuh dan terpisah dari sambal," ungkap Triyono.

Seporsi udang penyet yang disajikan begitu menggoda lantaran warna sambal yang kemerahan. Juga segar karena dicampur perasan jeruk pecel. "Perasan jeruk pecel ini bisa menghilangkan bau amis udang dan menambah rasa," jelas Triyono.

Rasa pedas, asam dari perasan jeruk nipis, dan gurih dari udang yang bercampur, membuat siapa saja yang menyantap ketagihan. Udang juga renyah dan rasa gurihnya terjaga. Triyono mengatakan, rasa gurih dari udang tidak hilang saat proses memasak karena digoreng tidak terlalu garing.

"Sebelum digoreng, udang yang telah dibersihkan kepalanya direndam dalam air bumbu. Sehingga bumbu meresap dan udang memiliki rasa setelah digoreng," terang dia.

Seporsi udang penyet yang disuguhkan dibanderol Rp 20.000. Selain udang penyet, Gamacandi menawarkan hidangan penyet lain.

Menurut Triyono, untuk pesanan yang ingin dipenyet langsung bersama sambal di cobek, sambal yang digunakan menggunakan bahan mentah. Sementara, menu yang digoreng tanpa dipenyet disajikan bersama sambal yang dibuat dari bahan yang lebih dulu digoreng.

Selain aneka penyet, restoran yang berada di Jalan Sriwijaya 66, Kota Semarang ini juga menyediakan masakan tradisional. Di antaranya, pepes, cah kangkung, dan glandir. Buka setiap hari pukul 10.00-22.00, Gamacandi juga melayani pemesanan dan katering. (Tribun Jateng cetak/luk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved