Breaking News:

Public Service

Area Tunggu Keberangkatan Bandara Ahmad Yani Belum Steril

Airlines Operators Committee (AOC) menilai mainset security dalam Bandara Ahmad Yani masih kurang, khususnya di area tunggu.

Penulis: dini | Editor: rustam aji
Area Tunggu Keberangkatan Bandara Ahmad Yani Belum Steril
Petugas Aviation Security (Avsec) memeriksa alat-alat yang bisa berpotensi bahaya di restoran yang ada di dalam area tunggu keberangkatan domestik, Minggu (30/03/2014).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini suciatiningrum.

TRIBUNJATENG. COM, SEMARANG - Airlines Operators Committee (AOC) menilai mainset security dalam Bandara Ahmad Yani masih kurang, khususnya di area tunggu keberangkatan penerbangan domestik.

Ketua AOC, Hermanto menyatakan seharusnya dalam area tunggu keberangkatan penerbangan domestik sudah steril dari barang-barang yang berbahaya.

Pasalnya, di dalam area tunggu keberangkatan penerbangan domestik terdapat sejumlah restoran siap saji yang terdapat barang-barang yang berpotensi menimbulkan bahaya, semisal pisau, garpu, sendok, gunting yang terbuat dari besi.

"Kalau garpu atau sendok bahkan pisau tersebut terbawa atau sengaja dibawa penumpang bagaimana?," jelas laki-laki yang juga menjabat sebagai station manager Garuda Indonesia tersebut

Padahal sebelum penumpang  memasuki area tunggu keberangkatan penerbangan domestik, penumpang akan melalui pemeriksaan fisik dan barang di Security Chec Point II  yang merupakan pemeriksaan terakhir.

"Penumpang yang berada di area tunggu tidak akan diperiksa lagi oleh security, saat memasuki pesawat mereka hanya menunjukka tiket ke petugas saja tidak ada pemeriksaan lagi," jelasnya pada Tribun Jateng, Minggu (30/3/2014).

Pantauan Tribun, restoran siap saji yang berada di dalam area tunggu menggunakan alat-alat yang bisa menimbulkan potensi bahaya untuk menunjang aktivitas.

Karyawan Tea Bar, Mita Setyanningrum, memaparkan, dalam gerainya memang terdapat pisau untuk memasak, namun untuk pembeli hanya menggunakan sendok dan garpu yang terbuat dari plastik.

Namun di restoran makanan lain yang menyediakan menu makanan berat, pembeli yang notabennya penumpang pesawat dengan mudah mendapatkan pisau maupun garpu yang dapat disalahgunakan penumpang.

"Kalau tidak memapai sendok sama garpu kan susah makannya, pembeli tidak bisa memotong-motong daging maupun makanan lain," ucap Mawar karyawan gerai tersebut.

Airport Security Section Head PT Angkasa Pura Bandara Ahmad Yani, Sujadi  mengaku area tersebut memang belum steril, tetapi petugas aviation security kadang melakukan sweping ke gerai (avsec) gerai yang berada dalam ruang tunggu keberangkatan domestik.

Sujadi menambahkan saat  memantau selalu dia selalu  mengingatkan karyawan di gerai-gerai tersebut agar jangan sampai alat-alat yang berbahaya terbawa penumpang.

"Untuk kedepannya, pemeriksaan fisik dan barang penumpang terakhir akan di lakukan saat penumpang akan menaiki pesawat," tandas Sujadi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved