Breaking News:

Kasus Nurmarkesi Akhirnya Dilimpahkan Ke Tipikor Semarang

Kasus Nurmarkesi Akhirnya Dilimpahkan Ke Tipikor Semarang

Penulis: ponco wiyono | Editor: iswidodo
tribunjateng/PONCO WIYONO
Kasus Nurmarkesi Akhirnya Dilimpahkan Ke Tipikor Semarang 

Laporan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL-  Setelah sempat terulur dalam waktu cukup lama, berkas kasus tersangka Mantan Bupati Kendal, Siti Nurmarkesi resmi dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang. Keputusan terebut diumumkan sendiri oleh Kapidsus Kendal Sukirno melalui sms, Senin (21/7). Nurmarkesi merupakan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan Sosial (Bansos) Kendal 2010.

Kepala Kejari Kendal, Yeni Andriani mengatakan, pelimpahan perkara dilakukan lantaran kasus tersebut sudah lama menunggak.  “Melihat tunggakan itu, saya selaku Kepala Kejari Kendal yang  baru, langsung perintahkan kepada bidang pidana khusus untuk segera menyelesaikannya dengan melimpahkannya ke Pengadilan Tipikor Semarang,” ujarnya, Selasa (22/7).

Yeni melanjutkan, pelimpahan berkas ini juga untuk memberikan kepastian hukum tersangka secepatnya. Hal ini mengingat, penetapan tersangka kepada mantan orang nomor satu di Kendal itu sudah lama dilakukan. “Agar tidak menjadi beban, sebab orang butuh kejelasan status hukum di tengah hidup bermasyarakat,” tuturnya.

Nurmarkesi sendiri bakal dijerat pasal berlapis undang-undang pemberantasan korupsi serta diancam pidana 20 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum Kejari Kendal rencananya akan menjerat Nurmarkesi dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah ditambahkan dalam UU nomor 20 tahun 2011 tentang pemberantasan korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.  Nurmarkesi diduga melakukan korupsi yang merugikan negara kurang lebih Rp 1,3 miliar.  

Pelimpahan berkas tersebut juga dibenarkan oleh PLt Panitera Muda Pengadilan Tipikor Semarang, Heru Sungkowo. Heru mengatakan bagian administrasi Pengadilan Tipikor Semarang telah menerima pelimpahan perkara tersangka Nurmarkesi dari Kejari Kendal.  (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved