UKSW Latih Peserta Olimpiade Sains Nasional 2014

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali dipercaya untuk menjadi pembina peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA

UKSW Latih Peserta Olimpiade Sains Nasional 2014
Siswa peserta OSN ketika menerima materi di UKSW, Selasa (20/8/2014).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali dipercaya untuk menjadi pembina peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA yang maju mewakili Propinsi Jawa Tengah. Sebanyak 41 siswa-siswi terbaik Jawa Tengah tersebut akan berkompetisi melawan ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Mereka terdiri atas sembilan siswa peserta matematika, 10 peserta biologi, 7 peserta ekonomi, 9 peserta kimia, 6 peserta astronomi.

Dari Sembilan bidang studi yang akan dilombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian (Geo Sains), dan Geografi, UKSW dipercaya untuk membimbing lima bidang. Kelima bidang tersebut adalah Astronomi, Kimia, Matematika, Ilmu Ekonomi dan Biologi.  

Para siswa dikarantina selama empat pekan terhitung dari tanggal 4 - 26 Agustus 2014 hingga pelaksanaan OSN 2014 di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 1 - 7 September mendatang. Hingga saat ini, semua bidang telah menyatakan kesiapannya untuk maju ketingkat nasional.

" Kami optimis bisa memperoleh juara umum seperti tahun lalu, para siswa sudah siap dengan materi yang akan dilombakan tinggal penguatan mental untuk bertanding yang terus kami genjot. Tahun ini para peserta OSN berkesempatan memperoleh bimbingan langsung dari alumni OSN, " kata Koordinator Bidang Studi Matematika, Bambang Susanto, sesaat sebelum membimbing para peserta OSN, Selasa (20/08).

Hal senada disampaikan oleh Pembimbing Bidang Studi Kimia, Hartati Soetjipto. Dia berujar jika persiapan mental untuk menghadapi lomba pada dasarnya sangat vital untuk langkah awal. Setidaknya, terus menerus diasah agar siswa tidak down saat menghadapi peserta yang berasal dari kota-kota besar.

Sementara Birgitta Dian Saraswati, yang mengampu bidang studi Ekonomi mengatakan, dirinya mengaku bangga atas kepercayaan yang telah diberikan ini. Hal ini, kata dia, bukanlah kali pertama UKSW mendapat kesempatan membimbing siswa peserta OSN khususnya di bidang Ilmu Ekonomi.

" Sejak 2004 kami diberi kepercayaan langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk membimbing para peserta OSN. Saat ini kami sedang memantau peserta dalam pembuatan proposal yang akan dilombakan bertema (peran OJK dan BI dalam mengatasi masalah perbankan di masing-masing kabupaten/kota asal anak), " terangnya.

OSN merupakan ajang berkompetisi dalam bidang sains yang ditujukan bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang dapat mengikuti OSN adalah siswa terbaik yang telah lolos seleksi pada tingkat kabupaten dan provinsi masing-masing.

Pelaksanaan OSN didasari atas kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) yang pernah diselenggarakan di Bali pada tahun 2002. Semenjak itulah  OSN diadakan setiap tahun dengan lokasi pelaksanaan yang bergantian di berbagai kota yang berbeda di Indonesia. Kegiatan OSN ini merupakan bagian dari rangkaian seleksi calon peserta untuk ajang Olimpiade Sains Internasional.

Pratamamia Agung Priahatmaja, siswa SMA Semesta Semarang, peserta pelatihan matematika, mengatakan, dia merasa senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan ini. Karena selain dosen ramah, kata dia, kampusnya dinilai nyaman untuk kegiatan belajar. Dia mengaku memperoleh banyak materi dan praktik baru dalam menambah pengetahuannya.

Meski diakuinya cukup jenuh dan kangen keluarga lantaran tidak bertemu selama beberapa pekan, Agung merasa senang mengikuti pelatihan itu.

" Banyak pengalaman yang saya peroleh dalam pelatihan ini, " ujar siswa yang memiliki cita-cita masuk ke Fakultas Teknologi Informasi UKSW jika lulus nanti. (*)

Penulis: puthut dwi putranto
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved