KELOMPOK SADAR WISATA

Kartika Jaya Beach di Kendal Bakal Lebih Indah Dari Bali

Kartika Jaya Beach di Kendal Bakal Lebih Indah Dari Bali, tinggal Pemkab memoles saja

Penulis: ponco wiyono | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/PONCO WIYONO
Penguatan kelompok sadar wisata di Kendal. Kartika Jaya Beach di Kendal Bakal Lebih Indah Dari Bali 

Laporan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL-  ‎Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon rupa-rupanya punya potensi wisata yang bagus. Selain ada sungai Lingen yang bisa dibuat wahana pemancingan, ada pula pulau Tirang yang konon keindahannya setara dengan pantai di Bali. Kini Pemkab Kendal melalui Disbudpar hanya perlu memoles lagi, termasuk menyiapkan sumber daya alamnya.

Joko Basuki, Kepala Desa Kartika Jaya tersebut sesekali melihat ke ponselnya. Ia tengah menunggu seseorang. Di kantornya, beberapa orang duduk-duduk sambil berkipas-kipas demi menghalau panasnya hawa desa di pesisir Laut Jawa itu.‎ Joko sedang punya gawe, yakni memberikan pembinaan kepariwisataan untuk warganya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kendal.

Tamu yang ia tunggu adalah Kepala Disbudpar Ahmad Rifai. Bersama-sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Konservasi Lingkungan hidup, Disbudpar hendak menekankan pentingnya kesadaran akan potensi wisata bagi masyarakat Kartika Jaya. Menurut Rifai, Kartika Jaya memiliki potensi besar untuk menjadi kawasan wisata karena keindahan pantai dan kekayaan alamnya.

"Di sini semua ada, pantai dan sungai yang indah, dan makanan khas yang tidak ada di tempat lain. Kerupuk mangrove sini sudah terkenal," ungkap Rifai kepada Tribun Jateng sebelum membuka acara yang digelar pada Selasa (21/10).

Guna mewujudkan rencana tersebut, Disbudpar perlu membenahi beberapa aspek. Salah satunya adalah menormalisasi sungai Lingen yang berfungsi sebagai jalur transportasi menuju Tirangan. Selain itu, Lingen juga bisa menjadi wahana pemancingan komersial, termasuk outbond.

"Lebar sungainya delapan hingga 10 meter. Agar bisa menjadi wahana yang menarik, perlu dilebarkan beberapa meter lagi. Selain pemancingan, nanti akan ada sudut untuk berjualan makanan ringan seperti olahan bandeng dan mangrove, yang selama ini sudah dikenal," tambah Joko.

Proyek besar yang Rifai idamkan adalah munculnya wahana wisata pantai baru, yang ia rencanakan bernama Kartika Jaya Beach. Saat ini pulau Tirangan yang memiliki panjang dua kilometer dan lebar 100 meter ini memiliki embung yang dulunya merupakan tambak milik warga. Rifai berencana menambahkan jembatan untuk menuju Tirangan mengingat pulau yang terbentuk karena abrasi itu sudah tidak bisa dicapai dengan berjalan kaki. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved