KELOMPOK SADAR WISATA

Ini Alasan Wisatawan Makin Suka Menginap di Desa

Ini Alasan Wisatawan Makin Suka Menginap di Desa. Besok Purbalingga gelar membina 8 kelompok sadar wisata

Penulis: fajar eko nugroho | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG.COM/FAJAR EKO NUGROHO
ILUSTRASI Desa wisata di Serang kabupaten Purbalingga 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, mulai Senin (27/10) hingga Rabu (5/11) menggelar pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pengelola desa wisata dan mendukung destinasi wisata yang ada disekitarnya. Pemateri diisi dari praktisi wisata, pengurus Wisbangga (Paguyuban Pariwisata Purbalingga), dan dari Dinbudparpora," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno, Minggu (26/10).

Menurut dia, pembinaan Pokdarwis yang akan dilaksanakan seperti, pengelolaan homestay, pembuatan souvenir wisata, pelayanan wisatawan, pemandu wisata dan kelembagaan Pokdarwis.

"Pembinaan rutin kami lakukan seiring dengan tuntutan peningkatan pelayanan terhadap wisatawan," jelas dia.

Dia menambahkan, wisatawan cenderung mulai melirik mengunjungi desa wisata, khususnya bagi wisatawan dari kota. Mereka cenderung ingin tinggal dan menginap serta menikmati suasana desa. Peluang ini yang harus ditangkap dengan mengoptimalkan potensi desa sebagai asset wisata dan sekaligus pelayanan yang baik terhadap para wisatawan.

"Memang ada kecenderungan, wisatawan mulai beralih ke wisata minat yang menantang dan tidak ditemukan di kota. Potensi suasana desa yang alami beserta kehidupan masyarakat, sejatinya sudah menjadi daya tarik yang bisa dijual sebagai paket wisata," kata Prayitno.

Dia mencontohkan, suasana sejuk di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, saat ini sudah mulai diminati wisatawan. Mereka sengaja menginap di desa itu dan kemudian melihat para petani membudidayakan hortikultura.

Tidak hanya itu, mereka juga ingin melihat kemegahan Gunung Slamet yang tidak jauh dari Desa Serang. Demikian juga, di Desa Siwarak Karangreja, ada perbukitan yang tidak kalah dengan bukit Sikunir di Dieng Banjarnegara.

Bahkan, di bukit tidak jauh dari Goa Lawa ini kita juga bisa menikmati saat matahari terbit. Sementara di Desa Limbasari, wisatawan sudah mulai menyukai Tubing di Sungai Tuntung Gunung.

"Masih banyak lagi suasana desa yang asri dan menarik untuk dinikmati bersama keluarga dan komunitasnya," katanya lagi.

Dia menjelaskan, pembinaan akan dilaksanakan di delapan Pokdarwis masing-masing Pokdarwis Ulam Sari Desa Purbayasa, Padamara, Mudal Sari (Bojongsari), Argo Lestari (Tanalum, rembang), Ardi Mandala Giri (Panusupan, Rembang), Patrawisa (Limbasari Bobotsari), Pesona Perkasa (Pekiringan Karangmoncol), Lembah Asri (Serang Karangreja), dan Lawa Mandiri (Desa Siwarak, Karangreja). (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved