Laka Bus Di Tol Semarang

Ini Hasil Analisis Olah TKP Laka Maut Bus Sang Engon Menewaskan 16 Orang

Ini Hasil Analisis Olah TKP Laka Maut Bus Sang Engon Menewaskan 16 Orang.

Ini Hasil Analisis Olah TKP Laka Maut Bus Sang Engon Menewaskan 16 Orang
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Tim dari Korlantas Mabes Polri dan Ditlantas Polda Jateng melakukan olah tempat kejadian perkara di Jalan Tol Lingkar Jangli, Jatingaleh, Sabtu (21/2/2015). Olah TKP dipimpin oleh Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Istu Hari. 

Laporan Tribun Jateng, Muh Radlis

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Tim gabungan dari Korlantas Mabes Polri dan Ditlantas Polda Jateng telah selesai melakukan olah tempat kejadian perkara di Tol Lingkar Jangli, Jatingaleh, dimana Bus Sang Engon terbalik dan menewaskan 16 penumpang, Sabtu (21/2/2015).

Dari hasil olah TKP, diketahui bus melaju diatas 100 kilometer per jam saat melibas tikungan tajam.

"Hasil pemeriksaannya, laju bus 118 kilometer perjam. Sementara tikungan itu batas aman kecepatan hanya 40 kilometer per jam," kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Istu Hari kepada Tribun Jateng.

Istu mengatakan, dari pemeriksaan pada bangkai bus, diketahui bus terbalik dalam kondisi melaju dengan gigi empat. Tapi beberapa saat sebelum terbalik, supir sempat melajukan bus dengan gigi lima.

"Sangat kencang, ditambah sopir tidak menguasai medan. Penumpang yang melebihi kapasitas. Batas maksimal hanya 58 orang, dinaikkan 73. Jadi kelebihan 15 orang. Itu sangat berpengaruh dengan gerak manuver bus saat di tikungan," katanya. (*)

Penulis: muh radlis
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved