Pesawat Hercules Jatuh

Ulama Muda NU Brebes Gelar Tahlil Doakan Korban Hercules

Ulama Muda NU Brebes Gelar Tahlil Doakan Korban Hercules

tribunjateng/fajar eko nugroho
Ulama Muda NU Brebes Gelar Tahlil Doakan Korban Hercules 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Kecelakaan pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara Hercules C-130 yang jatuh di Medan Selasa (30/06) di daerah permukiman menjadi keprihatinan bersama.
Termasuk puluhan ulama muda Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Brebes menggelar tahlil dan doa bersama.

"Kami turut berduka cita kepada seluruh korban jatuhnya pesawat Hercules, semoga keluarga kroban diberi kesabaran dan ketabahan atas musibah ini," ujar Ketua PC Lakpesdam NU M Riza Pahlevi usai memimpin tahlil dan doa bersama di Gedung NU Jalan Yos Sudarso Brebes ujar kemarin.

Reza menjelaskan, keprihatinan dipanjatkan para ulama muda sebagai bentuk rasa kebersamaan dalam suka maupun duka sebagai warga Indonesia. Apalagi di saat puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya sebagai hari yang istimewa bagi umat muslim.

"Sudah seharusnya kita memanjatkan doa untuk para korban bencana Herkules," ucapnya.
Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan shalat maghrib, isya dan taraweh berjamaah.

Ketua Lesbumi PC NU Kota Tegal Atmo Tan Sidik menyampaikan mauidlatul khasanah sebagai pengantar berbuka puasa. Dalam tausiyahnya, mengajak umat muslim ambil hikmah di balik musibah. Karena perintah Rasulullah, orang harus banyak mengingat kematian. Dengan mengingat banyak kematian, maka orang cenderung akan berahklakul karimah.

"Siapapun, akan dimintai pertanggungjawabannya selesai kematian," terang Atmo yang juga Kabag Humas Setda Brebes. Sang Maestro Pelestari Budaya Pantura itu mengingatkan, bahwa di dalam Alquran secara tegas dinyatakan cukuplah kematian sebagai nasehat atau pelajaran.

"Semoga mereka syahid karena mereka terbentur benda keras dan kematiannya di bulan Ramadhan," ujar dia. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembentukan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII). Terpilih sebagai Ketua Chaerul Umam, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved