Polres Kebumen Pantau Arus Mudik Pakai Drone

Polres Kebumen Pantau Arus Mudik Pakai Drone

Polres Kebumen Pantau Arus Mudik Pakai Drone
KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO
ilustrasi - Drone atau pesawat tanpa awak 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Abdul Arif

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN- Polres Kebumen akan melakukan pemantauan arus mudik lebaran 2015 di wilayah Kebumen menggunakan drone. Hal itu dilakukan untuk mempermudah memantau simpul-simpul kemacetan. Demikian disampaikan oleh Kapolres Kebumen AKBP Faizal, Rabu (8/7/2015).

"Disamping kita meliput di jalan, kita juga menggunakan liputan di udara menggunakan drone. Drone ini merupakan kerjasama dengan pihak ketiga," kata AKBP Faizal didampingi Kasatlantas Polres Kebumen AKP Yulie Krisna.

Dia menilai, pemantauan menggunakan drone lebih efektif. Selain bisa melihat simpul kemacetan di sejumlah titik, pihaknya juga bisa memantau keberadaan anggota kepolisian. "Kami baru tahun ini pakai. Tahun kemarin Ditlantas menggunakan drone tapi dipakai di Brebes," katanya.

Menurut Kapolres, sebagaimana pengalaman titik-titik yang rawan kemacetan yaitu di perbatasan Rowokele, perbatasan Sumpiuh (Purwokerto), Karanganyar, Gombong dan Kutowinangun. "Itulah titik yang akan kita pantau menggunakan drone," katanya.

Selain itu, lanjut dia, selama arus mudik dan balik pihaknya menyiapkan sebanyak 12 pos. Satu pos merupakan pos pelayanan yang berada di rumah makan Candisari. "Termasuk pos di jalan alternatif di wilayah selatan, seperti Mirit, Ambal sampai tembus dekat rumah makan Candisari Guyangan," katanya.

Menurut dia, khusus untuk kendaraan besar seperti bus akan tetap diarahkan lewat jalur tengah. Kecuali jika nanti ada kemacetan akan dialihkan. Tetapi hanya untuk kendaraan kecil. Kasatlantas Polres Kebumen AKP Yulie Krisna menambahkan, selain pemantauan menggunakan drone, Polres juga melakukan pemantauan lewat CCTV. Dia menyebutkan ada lima CCTV yang dipasang di sejumlah titik. "Yang di Karanganyar langsung dipantau oleh Mabes Polri," ungkapnya.(*)

Penulis: abdul arif
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved