Destinasi Semarang

Di Museum Mandala Bhakti Ada Seragam Tentara dari Goni

Ingin tahu perjuangan TNI dari masa ke masa? datang saja ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti Semarang. Senjata api dan alat tempur menjadi koleksinya.

Di Museum Mandala Bhakti Ada Seragam Tentara dari Goni
tribun jateng/m syofri kurniawan
Pengunjung mendapat penjelasan dari guide tentang senjata yang menjadi isi Museum Perjuangan Mandala Bhakti. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rika Irawati

TRIBUNJATENG.COM - Datanglah ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti Semarang untuk membuktikan pepatah "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya". Melihat koleksi di museum ini, rasa cinta Anda akan tanah air dan bangsa pasti semakin kuat.


(tribun jateng/rika irawati)

Museum yang berada di sisi selatan bundaran Tugu Muda atau di Jalan Mgr Sugiyopranoto No 1, Kota Semarang, ini menyimpan bukti perjuangan TNI merebut kemerdekaan dari tangan penjajah serta peran serta TNI dalam misi perdamaian dunia.

Masing-masing koleksi, berupa data, dokumentasi, benda-benda bersejarah, ditempatkan di beberapa ruangan. Di ruangan Jatmu (senjata dan amunisi) misalnya, tersimpan berbagai senjata untuk mempertahankan dan menjaga keamanan Indonesia. Mulai bambu runcing, keris, rencong, tombak, busur, sampai senjata modern seperti pistol, senjata mesin berat, dan senjata pelontar.

Di ruang lain, di ruang Gamad (Seragam Angkatan Darat), dipajang beragam pakaian bukti sejarah. Mulai pakaian dari goni, seragam PETA (Pembela Tanah Air), Heiho (pasukan bentukan Jepang yang berisi warga Indonesia di masa Perang Dunia II), BKR (Badan Keamanan Rakyat), TKR (Tentara Keamanan Rakyat), TNI, seragam tentara asing, juga pakaian dinas polisi militer dan kowad.

"Semua pakaian yang ada di sini asli yang dulu dipakai dan diawetkan sampai sekarang," terang pemandu museum Mandala Bhakti, Gandung Raharjo.

Pengunjung mendapat penjelasan tentang seragam militer dari masa ke masa yang menjadi koleksi <a href='https://jateng.tribunnews.com/tag/museum' title='Museum'>Museum</a> Perjuangan Mandala Bhakti Semarang.
Pengunjung mendapat penjelasan tentang seragam militer dari masa ke masa yang menjadi koleksi Museum Perjuangan Mandala Bhakti Semarang. (tribun jateng/m syofri kurniawan)

Sementara di ruang Peristiwa, tersimpan catatan sejarah berbagai peristiwa perjuangan di tanah air. Di antaranya, pertempuran lima hari di Semarang, serangan umum Surakarta, pertempuran di Magelang, dan pertempuran di kota lain.

Di bagian lain museum, terdapat ruang Pelestarian Ruang Kerja Pangdam. Ruangan ini digunakan sebagai ruang Panglima Kodam (Pangdam) dari waktu ke waktu. Ada lagi ruang Satsikmil (satuan musik militer) yang berisi alat musik yang digunakan militer. "Di sebelahnya ada ruangan Laswi atau Laskar Wanita Indonesia. Ruangan ini berisi barang-barang yang menggambarkan bagaimana laskar wanita melawan penjajah dalam perjuangan Indonesia," imbuh Gandung.

Halaman
12
Penulis: rika irawati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved