Pilkada Serentak di Jateng

Arifin Sudah Terdata Sebagai DPT Pilkada Semarang

Arifin Sudah Terdata Sebagai DPT Pilkada Semarang

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Fahriana Anantyo Arifin (17), siswa Kelas XI SMK NU Ungaran menyatakan diri sudah terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Semarang pada Desember 2015 esok.

Keyakinan warga Leyangan Kecamatan Ungaran Timur itu didasari ketika dia dan kedua orangtuanya didatangi petugas bagian pendaftar dari KPU Kabupaten Semarang dan perwakilan dari RT setempat beberapa pekan lalu.

"Tahun ini, jadi moment perdana saya untuk menentukan pilihan pemimpin di Kabupaten Semarang. Saya pasti akan ikut nyoblos di tempat pemungutan suara (TPS) yang ditunjuk petugas," ujar Arifin kepada Tribun Jateng, Jumat (28/8/2015).

Namun diutarakannya, teknis saat di TPS atau cara mencoblos, dirinya belum paham. Dia merasa beruntung karena ada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan KPU di sekolahnya sehingga menjadi memperoleh pemahaman tentang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Semarang.

"Di SMK NU Ungaran, ada sekitar 350 siswanya yang bakal masuk ke dalam kategori pemilih pemula pilkada tahun ini. Mereka adalah para siswa yang berdomisili di Kabupaten Semarang," kata Kepala SMK NU Ungaran Ahmad Hanik.

Dia menambahkan, secara umum atau mayoritas mereka sudah terbiasa pemilihan langsung di sekolah. Semisal saat pemilihan Ketua OSIS dan kebetulan pula, ketika itu meminjam sarana-prasarana dari KPU Kabupaten Semarang.

"Tiap tahun kami gelar pemilihan Ketua OSIS secara langsung. Itu kami laksanakan juga dalam usaha menyosialisasikan dan membiasakan diri, media pembelajaran demokrasi di Indonesia. Tak terkecuali untuk Pilkada 2015," jelasnya.

Tags
DPT
pilkada
Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved