Kuliner Semarang

Di Loenpia Mbak Lien, Bau Rebung Tak Lagi Terasa

Semarang dikenal sebagai Kota Lumpia. Satu yang digemari di antaranya Loenpia Mbak Lien di Gang Grajen Jalan Pemuda, Kota Semarang.

Di Loenpia Mbak Lien, Bau Rebung Tak Lagi Terasa
tribun jateng/muslimah
Lumpia produksi Loenpia Mbak Lien Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Muslimah

TRIBUNJATENG.COM - Lumpia dan Semarang seolah tak dapat dipisahkan. Makanan berisi rebung ini telah menjadi ikon kuliner yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke Kota Semarang.

Satu di antaranya, Loenpia Mbak Lien yang berada di Gang Grajen, Kota Semarang. Lokasi ini cukup mudah ditemukan lantaran di mulut gang, spanduk Loenpia Mbak Lien terlihat jelas dari Jalan Pemuda atau depan Sri Ratu Pemuda.

Bahkan, pemesanan dan proses memasak juga bisa dilihat dari mulut gang. Ada stan yang melayani pembelian lumpia yang langsung dibawa pulang. Meski stan yang didirikan di mulut gang, lokasi dan proses menyiapkan hingga memasak cukup bersih.

Loenpia Mbak Lien siap dibawa pulang.
Loenpia Mbak Lien siap dibawa pulang. (tribun jateng/muslimah)

Putra ketiga Mbak Lien, Yehezkiel Hadirahardja mengungkapkan, Mbak Lien atau Sri Iriani Santoso merupakan generasi keempat dari pembuat lumpia pertama di Semarang.

"Saat itu, sekitar tahun 1930, ada dua pembuat lumpia di Semarang. Keduanya saling jatuh cinta dan akhirnya menikah. Karena sama-sama membuat lumpia, mereka menggabungkan bisnis dan memiliki resep yang diwariskan turun temurun hingga sekarang," ungkap pria yang akrab disapa Hezki tersebut.

Meski resep utama diperoleh dari pembuat pertama, lumpia yang diproduksi Mbak Lien memiliki cita rasa khas. Yakni, dominan rasa manis dan bebas bau pesing dari rebung. "Memang, ada konsumen yang terkadang suka lumpia yang memiliki bau pesing rebung. Tapi, kami memilih memroses rebung hingga tidak berbau sehingga tidak mengurangi selera," imbuh Hezki.

Pegawai <a href='https://jateng.tribunnews.com/tag/loenpia-mbak-lien' title='Loenpia Mbak Lien'>Loenpia Mbak Lien</a> menyiapkan lumpia pesanan pembeli.
Pegawai Loenpia Mbak Lien menyiapkan lumpia pesanan pembeli. (tribun jateng/muslimah)

Ada tiga varian rasa di Loenpia Mbak Lien, yakni rasa udang yang dibanderol Rp 11 ribu per buah, rasa ayam seharga Rp 12 ribu per buah dan lumpia spesial, yang merupakan perpaduan ayam dan udang, dan dibanderol Rp 13 ribu per buah (harga Agustus 2015). "Isian dasarnya berupa rebung dan telur. Selanjutnya, ditambah udang, ayam atau campuran keduanya. Tergantung selera," katanya.

Halaman
12
Penulis: muslimah
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved