Kuliner Semarang

Sop Kakap Bu Ndut Ini Terkenal Segar dan Murah

Bingung mencari menu makan siang enak, bergizi dan murah di Semarang? Datang saja ke warung sop kakap Bu Ndut di Jalan Pemuda No 98.

Sop Kakap Bu Ndut Ini Terkenal Segar dan Murah
tribun jateng/mg1
Sop kakap Bu Ndut siap dinikmati. 

TRIBUNJATENG.COM – Bingung mencari menu makan siang enak, bergizi dan murah di Semarang? Datang saja ke warung sop kakap Bu Ndut di Jalan Pemuda No 98. Tepatnya, di sebelah kantor Bank BCA Pemuda atau depan Bank Mandiri Pemuda.

Sesuai namanya, warung sederhana ini menyediakan sop kakap sebagai hidangan utama. Disuguhkan terpisah dari nasi, sop kakap memiliki kuah berwarna kuning yang tak begitu kental. Terdapat potongan tomat, cabai juga daun seledri sebagai pelengkap daging kakap. “Tomat, belimbing wuluh dan asam jawa memang menjadi bagian dari bumbu agar kuah sop terasa lebih segar,” ungkap Bu Ndut (45), sang pemilik warung.

Sop Kakap Bu Ndut
Sop Kakap Bu Ndut. (tribun jateng/mg1)

Wanita yang membuka warung sejak 30 tahun ini hanya menggunakan bagian dagu dari kakap. Setiap hari, dia bisa menghabiskan 20 Kg dagu kakap. Sementara, agar cita rasa yang dihasilkan sama, dia memasak 25 bagian dagu dalam sekali masak.

“Awalnya, kami ditawari bagian ikan kakap dari supplier ikan. Kami pun mencoba memasak menjadi sop dan berniat menjual. Memang tidak langsung buka warung. Sebelumnya kami mencoba berkali-kali dan membagikan ke tetangga. Setelah rasa sop pas dilidah mereka, kami memberanikan membuka warung sop ikan kakap ini,” jelasnya.

Sofyan (50), suami Bu Ndut, menambahkan, kunci kelezatan sop yang dihasilkan tak hanya dari bumbu tetapi juga proses memasak yang tepat. Mereka memilih menggunakan kayu bakar untuk menghasilkan sop yang memiliki cita rasa khas.

Pembeli sop kakap Bu Ndut antre untuk mendapat sop pesanan.
Pembeli sop kakap Bu Ndut antre untuk mendapat sop pesanan. (tribun jateng/mg1)

“Pernah kami buka cabang di daerah Plamongan yang proses memasaknya menggunakan gas. Dan menurut pelanggan, rasanya berbeda. Katanya, ada yang kurang. Akhirnya, kami tutup cabang itu dan mempertahankan warung di sini yang menggunakan kayu bakar,” terang Sofyan.

Warung sop kakap Bu Ndut tak terlalu luas. Lantaran pengunjung yang datang, terutama saat jam makan siang membludak, dia menyediakan meja dan kursi panjang di pinggir jalan gang di bawah pohon. Meski lokasinya sederhana, warung ini tak pernah sepi.

“Saya selalu makan siang di sini kalau sedang ada tugas ke Polda (Jateng). Setelah makan, kembali lagi ke Salatiga,” ungkap Arief (35), anggota provos yang dinas di Salatiga.

Pelanggan menikmati sop kakap Bu Ndut di Jalan Pahlawan, Kota <a href='https://jateng.tribunnews.com/tag/semarang' title='Semarang'>Semarang</a>, di bawah pohon.
Pelanggan menikmati sop kakap Bu Ndut di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, di bawah pohon. (tribun jateng/mg1)

Siang itu, Arief datang bersama tiga rekan kerja. Mereka pun terlihat lahap menyantap sepiring sop ikan kakap dan sepiring nasi. “Kuahnya terasa segar. Daging kakap yang dimasak juga lembut dan tidak amis. Yang tak kalah penting, harganya murah. Pokoknya, harga kaki lima tapi rasa bintang lima,” ujarnya sambil tertawa.

Sepiring sop ikan kakap di warung Bu Ndut dibanderol Rp 5.000. Sementara, untuk sepiring nasi yang disuguhkan secara terpisah diberi harga Rp 3.000. Ada juga menu lain, di antaranya nasi oseng keong, gudangan, oseng ikan teri, semur tahu, kakap goreng, garang asem, serta gorengan mulai dari bakso, tempe, tahu, kepala ayam. Untuk minuman, tersedia teh hangat atau es teh. “Harganya mulai dari Rp 500 sampai Rp. 8000,” ujar Sofyan.

Warung Makan Sop Kakap Bu Ndut buka pukul 05.30-16.00 WIB. Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa naik bus rapid transit (BRT) koridor 2 atau 4 dan turun di shelter BCA Pemuda. Anda yang dari Stasiun Poncol tak perlu jauh-jauh mencari. Bu Ndut membuka cabang di Jalan Imam Bonjol atau 200 meter arah utara dari Stasiun Poncol. (mg1)

Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved