Pulau Cilik Karimunjawa Nan Elok Bikin Kangen Wisatawan

Gelar The Paradise of Java memang layak disandang Karimunjawa, Kabupaten Jepara

tribun jateng/m syofri kurniawan
Menuju Pulau Cilik, Karimunjawa. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rika Irawati

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Gelar The Paradise of Java memang layak disandang Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Hamparan pasir putih, jernihnya air dan beragam biota laut yang memesona membuat siapapun yang datang ke pulau ini betah berlama-lama bahkan enggan pulang.

Satu di antara 27 pulau di Karimunjawa yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Cilik. Keragaman biota laut di perairan sekitar pulau ini menjadi surga bagi pecinta snorkeling.

Rasa penasaran langsung menyeruak saat melihat bayangan terumbu karang dari atas kapal. Jernihnya air memang membuat siapa saja bisa melihat isi laut meski samar-samar.

pulau cilik-karimunjawa
Perahu nelayan bersandar di pinggiran Pulau Cilik, Karimunjawa. (Tribun Jateng/ M Syofri Kurniawan)

Namun, begitu nyemplung dan melihat lebih dekat, akan terlihat coral yang begitu indah. Ada table coral atau terumbu karang berbentuk lempengan besar menyerupai meja, karang hitam, triton terompet, nautilus berongga, batu laga, juga karang merah yang semuanya bisa dinikmati dari balik kacamata selam.

pulau cilik-terumbu
Terumbu karang dan beragam warna ikan menjadi pemandangan cantik di perairan sekitar Pulau Cilik, Karimunjawa. (Tribun Jateng/ M Syofri Kurniawan)

Tak sekadar bentuk, warna warni terumbu karang tersebut menarik hati. Ada yang berwarna ungu, hijau, biru, kuning, serta merah. Jangan takut melihat lebih dekat coral-coral itu karena Anda akan melihat biota lain di sekitarannya. Ikan kupu-kupu atau butterfly fish berwarna biru hijau yang datang berombongan, bahkan ikan badut atau clown fish yang malu-malu muncul dari anemone. Ada pula babi laut yang menyerupai landak, juga bintang laut berwarna biru yang diam tak bergerak namun memesona.

Jika ingin selfie berlatar terumbu berwarna-warni atau dikelilingi butterfly fish, jangan lupa membawa remah-remah roti untuk menarik perhatian mereka.

pulau cilik-dermaga
Dermaga kayu menuju Pulau Cilik Karimunjawa. (tribun jateng/m syofri kurniawan)

Halaman
123
Penulis: rika irawati
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved