Kriminal

Inilah Alasan Kibil Enggan Mencuri Motor di Kampusnya

Saat ditanya kenapa dia tidak mencuri di kampusnya, Kibil mengatakan sulit mencuri di kampusnya lantaran teman teman sekampusnya sudah mengenalnya.

Penulis: muh radlis | Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng/Muh Radlis
Ilustrasi pencuri 

SEMARANG, TRIBUNJATENG.COM -- Maling motor satu ini menyamar menjadi mahasiswa saat mencuri sepeda motor di areal Jurusan Arsitek, Universitas Diponegoro.

Pria bernama lengkap Miftahul Muhibin alias Kibin (23) berpenampilan layaknya mahasiswa yang hendak kuliah.

Mengenakan sepatu kulit, celana jeans dan baju kaos polo warna biru, Kibin masuk ke areal parkiran jurusan Arsitek Fakultas Teknik Undip berniat mencuri sepeda motor Yamaha Vega yang terparkir di parkiran, 8 September 2015 lalu.

Namun sayang, aksinya kepergok mahasiswa yang akhirnya menangkap dan mengamankan Kibil.

Beberapa mahasiswa sempat menghajar Kibil, beruntung anggota Polsek Tembalang segera tiba di lokasi dan membawa Kibil ke rumah sakit.

Saat gelar perkara di Mapolsek Tembalang, Selasa (22/9/2015), Kibil menuturkan dia mencuri sepeda motor bersama rekannya, Kiswo, yang masih buron.

Kiswo berperan mengantar dan mengawasi, sedangkan Kibil mengambil sepeda motor yang diincar.

Mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Semarang ini mengatakan, dia harus berpenampilan layaknya mahasiswa agar tidak dicurigai oleh satuan pengaman kampus.

"Ya penampilannya harus seperti mahasiswa biar tidak dicurigai," kata Kibil.

Saat ditanya kenapa dia tidak mencuri di kampusnya, Kibil mengatakan sulit mencuri di kampusnya lantaran teman teman sekampusnya sudah mengenalnya.

"Kalau ambil motor di kampus saya sudah tahu semua, jadi takut," katanya.

Kibil telah mencuri sepeda motor di tujuh lokasi di Kota Semarang, sebagian besar diantaranya adalah kampus dan sekolahan yang siswanya memarkir sepeda motor di luar area sekolah.

"Sisanya di rumah kos," katanya.

Untuk setiap unit motor yang dicuri, Kibil mendapatkan bagi hasil sebanyak Rp 300 ribu. Uang ini, menurut Kibil, ditabung untuk melamar kekasihnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved