Breaking News:

Kaca Film Berbahan Nano Keramik Kian Dicari Konsumen

Jadi kaca film bawaan dealer saya lapisi dobel. Saya rasa cuaca Kota Semarang panas dan supaya kondisi kaca yang semula masih bening

Tribun Jateng
Kaca Film Mobil 

SEMARANG, TRIBUN - Meng-upgrade kaca film bawaan dilakukan Tatang (42) agar kinerjanya semakin lebih optimal. Modifikasi tersebut, menurutnya, dapat membuat tunggangan yang dibelinya Februari 2015 lalu lebih adem dan tampil sporty.

"Jadi kaca film bawaan dealer saya lapisi dobel. Saya rasa cuaca Kota Semarang panas dan supaya kondisi kaca yang semula masih bening biar menjadi agak sedikit gelap, "terang pemilik Honda HRV warna putih itu, Selasa (13/10).

Tatang yang ditemui saat memodifikasi mobilnya di bengkel aksesoris Garuda Jaya Semarang mengungkapkan, sengaja menggandakan kaca film merek V-Kool bawaan dealer dengan HD High Definition Window Films hitam. Modifikasi tersebut membuat kaca film mobil lebih gelap dari sebelumnya.

Namun, pria warga Bukitsari, Gombel Semarang itu hanya memodifikasi kaca film sebelah kanan, depan, dan belakang. Sedangkan bagian depan sengaja tidak dilakukan karena pertimbangan keamanan.

"Saya menjaga faktor safety sehingga kaca mobil bagian depan, saya biarkan terang. Kalau gelap, takutnya malah menggangu saat berkendara," kata Tatang.

Untuk memodifikasi kaca film kendaraannya, Tatang mempercayai bengkel Garuda Jaya di daerah Jalan Dokter Cipto Semarang. Biaya yang dikeluarkan untuk menyalurkan hasratnya itu sebesar Rp 1,1 juta.

Dibutuhkan waktu tiga sampai empat jam hingga akhirnya kaca film terpasang sempurna di mobil. Tatang pun senang tidak perlu menunggu lama.

Kepada Tribun Jateng, dia mengungkapkan, ini bukan kali pertama dia memodifikasi kaca film kendaraannya. Sebelumnya sebuah mobil Toyota Innova miliknya juga telah dimodifikasi hal yang sama. Sehingga pemilik toko baju olahraga RPM Sport itu mengetahui betul kelebihan modifikasi tersebut.

"Kelebihan yang pertama sudah pasti membuat privasi sebab mobil menjadi lebih gelap, tidak mudah dilihat orang. Kemudian dari dalam kabin dapat menolak panas sehingga lebih adem. Kinerja AC juga makin berkurang otomatis menghemat bensin juga. Semua saling berkaitan," katanya.

Menurutnya, dalam hal perawatan, setiap saat ketika mobil maupun kaca film kotor tinggal dibersihkan menggunakan air bersih dan dilap kain halus. "Penting jangan pakai bahan-bahan kimia, karena bisa kusam dan bahkan terkelupas. Lap kain halus basah saja udah cukup," katanya.

Sementara itu, pemilik Garudajaya Semarang, Untung Hartono, mengatakan Perfections sebahai produsen kaca film tipe Black Crystal paling banyak dicari konsumen. Sebab produk itu merupakan salah satu kaca film hitam berbahan nano ceramic terbaik. Perfections merupakan salah satu pelopor di bidang kaca film yang sudah masuk di tanah air sejak 1998.

Hal terpenting yang diperhatikan dari modifikasi kaca film adalah pemasangannya yang perlu ketelitian. Jika salah dalam pengerjaan maka membuatnya seperti bergelembung, bahkan cepat mengelupas.

Dibengkelnya tersedia puluhan tipe kaca film yang bisa dipilih pelanggan untuk mengubah tampilan mobil. Mulai dari kelas menengah seharga Rp1 jutaan hingga premium di atas Rp 5 juta. Dijelaskannya, semakin tinggi kualitas kaca film yang digunakan, maka semakin baik pula untuk mobil. (*)

Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved