Breaking News:

Oto Trends

Kaca Film Bukan Sekadar Menahan Sinar Matahari

Kaca film dapat menjaga privasi. Isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam tidak bisa leluasa dilihat dari luar.

Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng
Kaca Film Mobil 

KACA film memiliki fungsi utama mereduksi ultra violet dari panas matahari yang masuk ke dalam kabin. Komponen ini juga bisa meningkatkan penampilan mobil menjadi lebih sporty.

Setalah menggunakannya, cahaya matahari yang masuk ke kabin berkurang, sehingga mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktivitas pendingin ruangan tidak berlebihan. Otomatis membuat mobil semakin irit BBM.

Selain itu, kaca film dapat menjaga privasi. Isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam tidak bisa leluasa dilihat dari luar. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kejahatan orang terhadap barang-barang yang berada di dalam mobil.

Kaca film biasanya terdiri dari lapisan berbahan polyester, logam, dan perekat khusus. Fungsinya ketika terjadi benturan kaca tidak langsung pecah tapi tetap merekat pada kaca film, sehingga mengurangi kemungkinan melukai penumpang di dalam kabin.

Ada beberapa pabrikan mobil yang memberikan kaca film yang berkualitas baik. Namun karena faktor ekonomis, banyak juga dealer mobil memberikan kaca film ala kadarnya.

Dalam memilih kaca film, konsumen harus melihat kualitas produk apakah sepadan dengan harganya. Jangan terpaku pada harga saja karena belum tentu kualitasnya baik. Bisa saja produk tersebut palsu.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan kepalsuan produk seperti cepat mengalami perubahan warna, memunculkan gelembung udara dan cepat mengelupas, atau kabin tetap panas walaupun memakai kaca film dengan kepekatan tinggi.

Teknologi kaca film sekarang, jika jaman dulu kaca film adem dan menolak panas adalah yang berwarna silver. Tapi sekarang ini warna gelap tolak panasnya juga tetap bagus. Bahkan sekarang ada teknologi nano ceramic, yaitu sudah tidak menggunakan bahan dasar logam, tapi nano keramik.

Jikak kaca film dengan bahan dasar logam bisa menolak sinyal handphone dan GPS di dalam mobil. Tapi teknologi nano ceramic hal tersebut sudah tidak terjadi lagi. Garansi umur pakai juga lebih panjang. Soal perawatan tidaklah susah. Jangan membersihkan dengan cairan kimia cukup air bersih dan dilap kain halus.

Untung Hartono, Owner Garudajaya Semarang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved