Ini Pentingnya Mengelola Arsip Desa Dengan Baik

Ini Pentingnya Mengelola Arsip Desa Dengan Baik

Ini Pentingnya Mengelola Arsip Desa Dengan Baik
tribunjateng/fajar eko nugroho
Ini Pentingnya Mengelola Arsip Desa Dengan Baik 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Bupati Brebes Idza Priyanti berharap para Sekretaris Desa bisa mengelola arsip desa dengan sebaik-baiknya.

Apalagi, kata dia, desa telah diamanati untuk mengatur rumah tangganya sendiri sesuai dengan tuntutan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Kalau arsipnya tidak tertata maka sulit untuk mendapatkan acuan dalam pengambilan suatu keputusan.

"Jangan sia-siakan arsip ya, karena arsip di desa sangat penting sebagai dokumentasi, identitas dan jatidiri suatu bangsa," kata Idza Priyanti kemarin. Arsip bisa juga dijadikan memori, acuan, dan bahan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan pemerintahan dan juga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menata arsip sangat sulit, lanjutnya, oleh karena itu harus ditata mipil (bertahap) dengan memilah dan memilih sesuai klasifikasinya. Mengelola arsip harus sabar dan telaten serta jangan pernah jenuh walau kadang menjemukan.

Justru dengan tantangan tersebut, lanjutnya, untuk mengelola arsip dibutuhkan tenaga ahli dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

"Workshop ini sangat penting, untuk itu ikuti, terapkan dan tularkan kepada teman-teman di balai desa masing-masing agar arsip desa menjadi lebih baik," jelasnya. (*)

Penulis: fajar eko nugroho
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved