Inilah Cara Menolong Korban Kecelakaan

Korban nyawa juga bisa terjadi karena korban terlambat menerima bantuan atau pertolongan pertama.

Inilah Cara Menolong Korban Kecelakaan
Shutterstock/kompas.com
Ilustrasi - Menolong orang 

TRIBUNJATENG.COM - Anda sedang melewati suatu jalan raya dan tiba-tiba kendaraan di depan Anda mengalami kecelakaan. Orang-orang berkerumun, tapi tidak ada yang tahu harus berbuat apa.

Polisi dan petugas medis belum ada di sana, sedangkan korban sudah bercucuran darah. Apa yang harus Anda lakukan untuk menolongnya?

Kecelakaan lalu lintas seringkali memakan korban nyawa bukan hanya karena parahnya benturan, atau karena korban tidak memakai alat pengaman diri seperti helm. Korban nyawa juga bisa terjadi karena korban terlambat menerima bantuan atau pertolongan pertama.

Itulah sebabnya mengapa kita perlu membekali diri dengan wawasan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas. Siapa tahu, pengetahuan ini dapat berguna kelak di kemudian hari.

Dahulukan yang harus didahulukan

Kecelakaan yang terjadi di jalan yang ramai, berpotensi menyebabkan kecelakaan susulan. Saat hendak turun dari kendaraan untuk menghampiri korban, pastikan dulu posisi Anda aman. Jangan sampai Anda menjadi korban kecelakaan yang berikutnya.

Perhatikan laju kendaraan yang datang dari arah kiri dan kanan. Juga hati-hati dengan pecahan kaca yang mungkin melukai diri Anda, serta kemungkinan terjadinya ledakan karena tangki bensin yang bocor.

Begitupun jika Anda sedang merokok, matikan dan buang jauh rokok Anda dari lokasi kejadian.

Pertolongan dasar

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memanggil polisi di nomor 110 dan ambulans atau pertolongan medis di 118 atau 119. Jelaskan apa yang terjadi, berapa jumlah korban, kondisi korban, dan tentu saja lokasi jelas tempat kejadian. J

Halaman
123
Editor: rustam aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved