Gurih Kelapa di Dalam Macroon, Pas untuk Teman Minum Teh

Biasanya kue ini oleh orang-orang Belanda dimakan sebagai pendamping saat ritual minum teh di sore hari.

Gurih Kelapa di Dalam Macroon, Pas untuk Teman Minum Teh
tribunjateng/HERMAWAN HANDAKA
Cocosmacroon di Toko Oen 

Laporan reporter Tribun Jateng Galih Priatmojo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di Toko Oen Semarang, yang legendaris tidak hanya olahan es krimnya. Masih banyak menu lain yang resepnya sudah diwariskan turun temurun.

Satu diantaranya yang masih bisa dijumpai yakni kue kelapa yang bernama Cocosmacroon. Bentuknya bulat dan berwarna putih.

cocosmacroon

Si pemilik, Jenny Kalalo, mengatakan, cocosmacroon merupakan kue resep warisan zaman kolonial yang sampai saat ini masih dipertahankan. Biasanya kue ini oleh orang-orang Belanda dimakan sebagai pendamping saat ritual minum teh di sore hari.

"Di Belanda kue ini sampai sekarang masih ada dan memang cocok dimakan sebagai teman minum teh saat sore biasanya sekitar pukul 16.00," terangnya.

Bahan utama untuk membuat kue ini adalah gula, putih telur serta isinya parutan kelapa. Bahan-bahan tadi dicampur jadi satu kemudian dipanggang.

Ia mengatakan semua bahan yang digunakan merupakan alami tidak ada tambahan bahan kimia. Bahkan untuk telur, produk yang dipakai merupakan yang kualitas baik dari jenis telur kampung.

"Bahan yang kami pakai ini masih asli resep dari Belanda citarasanya tetap kami pertahankan seperti dahulu kala. Semuanya alami jadi fresh dan tidak bisa disimpan lama," katanya.

Dari luar kue ini teksturnya cenderung keras, tetapi begitu dipotong atau digigit terasa empuk. Pada lapisan bagian tengah terdapat isi parutan kelapa yang gurih berpadu manis dengan gula. Rasanya sangat mirip seperti makan kue tradisional sagon.

"Ini bukan makanan berat memang pas untuk teman minum teh atau cappuccino. Turis yang datang ke toko kami biasanya pesan kue ini sebagai teman nongkrong sebagai camilan. Bahkan saya sering dapat pesanan untuk dikirim ke Jakarta yang pesan banyak dari orang India," tambahnya.

Meski berpredikat sebagai kue internasional, tetapi harganya cukup ramah untuk kalangan lokal. Satu kue cocosmacroon dibandrol dengan harga Rp 6500.

Untuk bisa mencicipnya bisa datang ke Toko Oen yang buka dari pukul 09.00-20.00. (*)

Penulis: galih priatmojo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved