Breaking News:

Chile Legalkan Penggunaan Ganja

Chile Legalkan Penggunaan Ganja

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA
ILUSTRASI - Sebanyak 540 kilogram ganja kering yang diselundupkan pengedar narkoba jaringan Aceh dipamerkan di Polres Jakarta Barat, Senin (13/4/2015). 

TRIBUNJATENG.COM -- Presiden Chile Michelle Bachelet meneken keputusan berupa legalisasi penggunaan ganja di negara Amerika Latin itu, Sabtu (5/12). Kebijakan ini seiring dihapusnya ganja dari daftar obat-obatan terlarang di negara itu.

Peraturan tersebut juga memberi kewenangan bagi apotek untuk menjual obat-obatan dari ganja dan turunannya. Sejauh ini dokumen legalisasi ganja belum dipublikasikan secara resmi.

Sebelum keputusan ini dibuat, menjual dan mengedarkan ganja di Chile masuk dalam kategori ilegal. Pelaku bisa dihukum penjara 5-10 tahun.

Chile memutuskan bergabung dengan negara-negara lain yang telah menghapus ganja dari daftar obat-obatan terlarang. Tanaman ini dinilai bisa dimanfaatkan bagi pengobatan maupun penggunaan personal.

Sebelumnya seorang warga Chile telah melakukan budidaya ganja secara legal. Dia mendapat persetujuan pemerintah lokal untuk kali pertama. Budidaya yang dilakukan pada Oktober 2014 tersebut merupakan proyek percontohan. Tujuannya untuk keperluan pembuatan obat bius yang bisa dimanfaatkan penderita kanker. (CNNI)

Editor: iswidodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved