Lima Komisioner KPU Kota Pekalongan Terancam Dipecat

Lima orang komisioner KPU Kota Pekalongan terancam diberhentikan lantaran melakukan penyimpanan sebanyak 685 surat suara dalam Pilkada 2015.

Lima Komisioner KPU Kota Pekalongan Terancam Dipecat
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Ketua Panwaslu Kota Pekalongan, Sugiharto 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Lima orang komisioner KPU Kota Pekalongan terancam diberhentikan lantaran melakukan penyimpanan sebanyak 685 surat suara dalam Pilkada 2015. Ketua Panwaslu Kota Pekalongan, Sugiharto menduga, adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan komisioner.

"Seharusnya kelebihan surat suara dan surat suara yang rusak itu dimusnahkan sebelum hari pencoblosan pada 9 Desember 2015. Tapi kelebihan surat suara ini disimpan," kata dia, Jumat (18/11).

Sugiharto menjelaskan, penyimpanan surat suara itu diketahui setelah ditemukan adanya kekurangan 548 surat suara pada sembilan tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Pekalongan.

Kemudian kekurangan surat suara di TPS tersebut, diambilkan dari surat suara yang disimpan KPU Kota Pekalongan.

"Penyimpanan surat suara itu seharusnya dilaporkan kepada kami. Tapi kami tidak mendapatkan laporan KPU menyimpan surat suara yang lebih," sambungnya.

Dari jumlah 685 surat suara yang disimpan, di antaranya 548 sudah disetorkan ke sembilan TPS. Sedangkan sisanya 137 lembar surat suara masih disimpan KPU Kota Pekalongan.

"Sisanya masih disimpan, yang rencananya akan dimusnahkan. Tapi saya tidak tahu kapan dimusnahkannya," tegas Sugiharto.

Pada hari Jumat (17/12) Panwaslu Kota Pekalongan, memeriksa lima orang komisioner yang diduga melanggar etika. Sesuai yang diatur Peraturan Bersama Pemilu nomor 13, 11 dan 1 tahun 2012 tentang kode etik penyelenggaraan pemilihan umum.

"Ancaman hukuman yang terberat dipecat secara tetap dari jabatannya," tandasnya. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved