Hujan dan Lumpur Hambat Pemindahan Pesawat Kalstar yang Tergelincir

Hingga saat ini pengelola bandara El Tari Kupang, NTT masih kesulitan memindahkan badan pesawat Kalstar yang tergelincir

Hujan dan Lumpur Hambat Pemindahan Pesawat Kalstar yang Tergelincir
Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere
Ketua Komisi V DPR Ri Fari Djemi Francis (tengah) dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona (kiri bertopi) sedang meninjau pesawat Kalstar yang tergelincir keluar landasan pacu Bandara El tari Kupang 

TRIBUNJATENG.COM, KUPANG - Hingga saat ini pengelola bandara El Tari Kupang, NTT masih kesulitan memindahkan badan pesawat Kalstar yang tergelincir di landas pacu bandara tersebut.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona kepada sejumlah wartawan, Selasa (22/12/2015) mengatakan, kesulitan pemindahan badan pesawat disebabkan intensitas hujan yang tinggi dan kondisi lokasi berlumpur.

“Kendala untuk pemindahan hanya hujan saja, karena tanah di sana agak berlumpur. Namun kita berharap proses pemindahan ini tidak menggangu operasional bandara,”kata Gona.

Proses pemindahan badan pesawat, lanjut Gona, direncanakan akan dilakukan malam ini. Namun menurutnya semua itu menunggu kedatangan tim KNKT dari Jakarta.

Gona melanjutkan, dari sisi pengoperasian bandara sudah dilakukan penyesuaian untuk membatasi manuver pesawat dan sudah dinformasikan kepada para pilot maupun maskapai.

Dia mengatakan, penyesuaian dilakukan dengan panjang runway Bandara El Tari yaitu 2.120 meter.

Penyesuaian ini dianggap sudah cukup memadai dan sejauh ini manuver pesawat sekelas Boeing dan pesawat berukuran lebih kecil tidak terganggu.

“Saya mengatasnamakan kementerian perhubungan memohon maaf kepada seluruh masyarakat NTT atas terjadinya insiden ini," ujar Gona.

"Mudah-mudahan (insiden) ini menjadi pembelajaran buat kita semua, untuk lebih meningkatkan lagi keselamatan agar pelayanan tetap berjalan dengan baik,” lanjut Gona.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fari Djemi Francis juga meninjau langsung lokasi tergelincirnya pesawat Kalstar.

Halaman
12
Editor: rustam aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved