Komisi D DPRD Jateng Usulkan Raperda Standarisasi Jalan Raya

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menghendaki ada standarisasi jalan provinsi.

Penulis: m nur huda | Editor: galih pujo asmoro
tribunjateng/dok
Betonisasi jalur Pantura di Tegal 

Laporan Wartawan Tribun Jateng M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG B- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menghendaki ada standarisasi jalan provinsi. Meski saat ini kondisi infrastruktur jalan raya sudah baik, namun masih banyak keluhan masyarakat terutama keamanan berkendara.

Usulan DPRD tersebut telah disampaikan melalui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Standarisasi Jalan Kolektor Primer dan Sekunder pada Ruas Jalan di Provinsi Jawa Tengah. DPRD juga telah menggelar rapat paripurna Raperda tersebut, Kamis (07/01/2016) agar segera dapat dibahas.

Melalui Raperda yang diusulkan Komisi D DPRD Jateng itu, diharapkan memuat standarisasi tentang kecepatan rencana, lebar badan jalan, kapasitas jalan, persimpangan sebidang, fasilitas berputar balik, dan perlengkapan jalan lainnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso mengatakan, infrastruktur jalan dipandang masyarakat sebagai indikator sederhana untuk menentukan kemajuan daerah. Jalan yang berstandar tidak hanya meningkatkan daya saing daerah, namun juga mendukung keamanan berkendara bagi masyarakat.

Menurutnya, kondisi jalan yang baik akan menjadi dasar koneksitas antardaerah, yang pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing daerah tersebut. Sebaliknya, kondisi jalan yang buruk akan menyebabkan hubungan dan daya saing antardaerah buruk pula.

“Maka kebijakan untuk menjamin kondisi jalan yang baik sangat diperlukan," katanya saat memaparkan usulan Raperda dalam sidang rapur di gedung DPRD Jateng. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved