20 Tahun Tanpa Kabar, TKW Asal Kendal Pulang Membawa Anak dan Depresi

Nisa yang pulang ke kampung halaman dalam keadaan depresi juga membawa serta anak yang ditengarai hasil hubungan paksa dengan sang majikan

20 Tahun Tanpa Kabar, TKW Asal Kendal Pulang Membawa Anak dan Depresi
tribunjateng/istimewa
Khoirul Nisa (tengah), ibunya, dan Ketua LK3 Gatot.

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - ‎Nasib Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kendal ini sungguh memprihatinkan. 20 tahun menjadi TKW di Arab Saudi, Khoirul Nisa (40) bekerja kepada sang majikan tanpa mendapatkan gaji.

Tidak cuma itu, Nisa yang pulang ke kampung halaman dalam keadaan depresi juga membawa serta anak yang ditengarai hasil hubungan paksa dengan sang majikan.

Kepulangan Nisa, warga Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel, disampaikan oleh‎ Ketua Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kendal, Gatot Muhardjo, pada Minggu (10/1/2016).

LK3 sendiri merupakan pihak yang menerima laporan ayah Nisa, Rohmani, pada tahun 2010 silam, ketika sang TKW tidak kunjung memberi kabar.

"Saat pulang, yang bersangkutan sulit diajak komunikasi. Namun setelah menjalani terapi di RSUD Dr. Soewondo, sedikit-sedikit Nisa sudah mau bicara," kata Gatot.

Sejak keberangkatannya ke Arab Saudi pada 1995, keluarga Nisa selalu berusaha mendapatkan kabar, namun selalu gagal. Usaha menemukan alamat Nisa di negeri Timur Tengah tersebut selalu berakhir nihil, Nisa bagai lenyap ditelan bumi.

Hingga akhirnya laporan Rohmani ditindaklanjuti LK3, dengan melapor ke Dinas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kendal, Kementerian Luar Negeri, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan Bina Penta Kementerian Tenaga Kerja.

"Memang sebelumnya sudah ditemukan, namun tiba-tiba yang bersangkutan pulang kampung dalam kondisi lusuh dan membawa anak berwajah Arab," ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan hak-hak Nisa, termasuk gaji selama 20 tahun bekerja. Menurutnya LK3 sudah melapor ke Disnakertrans, namun sejauh ini belum ada tanggapan. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved