Fita Nur Didiagnosis Menderita Tipes Ternyata Positif Demam Berdarah

Fita Nur Didiagnosis Menderita Tipes Ternyata Positif Demam Berdarah

Fita Nur Didiagnosis Menderita Tipes Ternyata Positif Demam Berdarah
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
DEMAM BERDARAH - Seorang pasien DB, Fatrio Firnanda (11) sedang dicek kondisinya oleh perawat di Ruang Cempaka RSUD RAA Soewondo Pati, Senin (11/1/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, PATI- Usai sang kakak yang bernama Fita Nur Laila (15) masuk Rumah Sakit Margoyoso Pati pada Kamis pekan lalu, giliran adiknya, Fatrio Firnanda (11) harus dirawat di RSUD dr Soewondo Pati pada Minggu (10/1/2016) karena terkena demam berdarah.

"Awalnya adik saya yang pertama yang perempuan masuk RS gara-gara demam berdarah. Beberapa hari setelahnya, adik saya yang kedua atau anak terakhir dari orangtua saya juga harus dirawat gara-gara DB," kata Nur Ardian (23), kakak tertua dari kedua korban DB di Pati itu, Senin (11/1/2016).

Fita dan Fatrio awalnya mengalami peningkatan suhu badan tinggi. Kemudian Fita diperiksa ke dokter umum dan didiagnosis terkena tipes. Namun beberapa hari kemudian, panasnya tak kunjung turun sehingga dibawa ke RS Margoyoso Pati. Dan dokter menyatakan Fita positif terkena DB.

Sedangkan Fatrio langsung dibawa ke RSUD Soewondo karena pihak keluarga yakin siswa kelas 6 SD itu terkena DB. "Kalau Fatrio langsung kami bawa ke RSUD. Panasnya sudah tinggi jadi kami tidak periksakan ke dokter umum," imbuh anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Jumlah pasien demam berdarah di RSUD Suwondo Pati, mengalami peningkatan dari awal tahun 2016 ini. Dalam satu bulan terakhir tercatat 200 lebih pasien menjalani perawatan. Data dari rumah sakit menunjukkan, setiap hari tercatat lima pasien baru demam berdarah masuk.

Wakil Direktur RSUD Suwondo, Tuti Ingniaty, menyatakan sejak awal tahun 2016 hingga Kamis 7 Januari, jumlah pasien demam berdarah yang masih menjalani perawatan sebanyak sekitar 44 orang. Penderita demam berdarah didominasi anak-anak di bawah 12 tahun.

"Saat ini di Ruang Cempaka masih terdapat sekitar 38 pasien yang dirawat. Yang lainnya ada di ruangan lain,” terangnya. Selain itu, ada dua pasien demam berdarah yang saat ini masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU. Itu karena kondisinya semakin memburuk. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved