Heboh Gafatar

Psikolog Senior Probowati: Eks Gafatar Butuh Cooling Down

Psikolog Senior Probowati: Eks Gafatar Butuh Cooling Down

Psikolog Senior Probowati: Eks Gafatar Butuh Cooling Down
TRIBUNJATENG/MUH RADLIS
Psikolog Senior Probowati: Eks Gafatar Butuh Cooling Down 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Psikolog Senior Probowati menilai, keluarga eks Gafatar kini sedang dalam keadaan bimbang, antara menerima atau menolak anggota keluarga mereka yang pernah bergabung dengan Gafatar.

Di satu sisi, mereka punya pengharapan agar eks Gafatar kembali ke keluarga. Namun, di sisi lain, bagi mereka, mengubah ideologi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, jika jenjang pendidikan eks Gafatar ini lebih tinggi dari orang tuanya.

Sementara Gafatar sudah terlanjur mendapatkan stigma sebagai organisasi terlarang yang mengajarkan ajaran sesat.

"Mereka bingung antara menerima atau menolak. Mereka juga tidak tahu sikap eks Gafatar setelah pulang ini bagaimana," katanya.

Keluarga eks Gafatar, menurut dia, akan cenderung eksklusif dan menutup diri dari publik. Psikologis mereka ikut terguncang pasca kepulangan eks Gafatar. Kondisi seperti ini, menurut Probo, harus dipahami publik. Baik eks Gafatar maupun keluarga butuh "cooling down" terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar siap kembali menghadapi masyarakat.

Bersamaan dengan itu, pemerintah dan jajarannya, bekerjasama dengan tokoh agama harus memberikan trauma healing untuk pemulihan mental mereka. "Ini kan belum tahu, mereka pulang sukarela, terpaksa, atau mereka merasa dijebak. Penanganannya nanti menyesuaikan itu," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved