Breaking News:

Public Service

Listrik di Semarang Indah Sering Padam

Berdasarkan catatan saya listrik padam tanggal 8 Januari 2016 dari pukul 20.30 sampai 9 Januari 2016 pukul 05.00....

Penulis: Daniel Ari Purnomo | Editor: rustam aji
Listrik di Semarang Indah Sering Padam
Ilustrasi

REDAKSI Tribun Jateng yang terhormat. Mohon kiranya Redaksi menanyakan kepada PT PLN (Persero), mengapa akhir-akhir ini aliran listrik di Perumahan Semarang Indah sering padam? Di bulan Januari ini saja saya mencatat sudah tiga kali aliran listrik padam. Berdasarkan catatan saya listrik padam tanggal 8 Januari 2016 dari pukul 20.30 sampai 9 Januari 2016 pukul 05.00. Lalu tanggal 16 Januari 2016 kurang lebih dari pukul 20.35 sampai pukul 21.35. Dan tanggal 18 Januari 2016 dari pukul 18.20 sampai entah pukul berapa karena pada saat surel ini dikirim listrik masih padam.
Bisakah PT PLN (Persero) memberikan penjelasan sebab padamnya listrik yang kerap terjadi akhir-akhir ini? Kemudian apakah kompensasi yang akan diterima oleh pelanggan listrik pascabayar dengan sering padamnya aliran listrik? Sepengetahuan saya pelanggan listrik berhak mendapatkan kompensasi dari penyedia jasa apabila penyedia jasa tidak dapat memenuhi standar pelayanan minimum yang sudah ditetapkan.
Terima kasih atas kesediaan Redaksi Tribun Jateng memuat surel dan menyampaikan kepada pihak PT PLN (Persero). Saya berharap PT PLN (Persero) juga dapat memberikan respon positif dari keluhan pelanggannya. Salam. Daniel Arie,
Perumahan Semarang Indah blok D 1 no 22
Semarang Barat, 50144. ID Pelanggan: 523020494762.
+6285641115xxx

JAWABAN

SEMANGAT pagi dan salam sejahtera. Sebelumnya kami mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan serta terganggunya segala aktivitas akibat adanya pemadaman listrik di wilayah Saudara. Dapat kami sampaikan bahwa pemadaman yang terjadi, akibatnya oleh beberapa faktor eksternal seperti hewan ataupun juga karena kondisi cuaca di luar kendali kami.

- Pada tanggal 8 Januari 2016 terjadi pemadaman dari pukul 20.19 dan menyala kembali pada subuh sekitar pukul 05.05. Hal ini disebabkan adanya pohon tumbang pada kondisi cuaca hujan deras disertai angin kencang. Lokasi kejadian di daerah Pamularsih Bongsari. Dahan besar pohon tersebut jatuh dan menimpa Jaringan Tegangan Menengah 20 kV sehingga menyebabkan kawat konduktor terputus dan beberapa kanal patah. Lamanya pemadaman diakibatkan kami harus melakukan evakuasi pohon yang tumbang serta perbaikan jaringan yang terputus tersebut.

- Pada tanggal 16 Januari 2016 terjadi pemadaman dari pukul 20.37 dan menyala kembali pada pukul 21.35, hal ini disebabkan burung mengenai Jaringan Tegangan Menengah 20 kV di Jalan Jendral Sudirman sehingga menimbulkan ledakan. Hal ini juga masih menjadi pekerjaan rumah kami, dimana setiap sore hari banyak sekali burung-burung berkerumun, hinggap serta menjadi tempat istirahat sampai pagi hari di sepanjang jalan tersebut.

- Pada tanggal 18 Januari 2016 terjadi pemadaman dari pukul 17.53 dan menyala kembali pada pukul 20.43 disebabkan adanya peralatan jaringan yang rusak akibatkan tersambar petir di daerah PRPP.

Terkait dengan kompensasi terhadap tingkat pelayanan sudah diatur mekanismenya sesuai peraturan. Sudah ada klasifikasi serta nantinya akan dilakukan verifikasi terhadap setiap faktor–faktor yang terkait guna ketepatan pemberian kompensasi tersebut.

Kami mengimbau kepada pelanggan jika ada informasi atau aktivitas yang membahayakan serta dapat mengganggu supply listrik agar berkoordinasi dengan kantor PLN. Mengingat kondisi cuaca yang kurang bersahabat beberapa minggu terakhir, kami mohon agar dapat diantisipasi pepohonan di halaman atau di sekitar lingkungannya agar jauh dari jaringan listrik. Kami juga selalu berupaya melakukan perbaikan dengan melakukan inspeksi rutin. Salam hormat. (dna)

Muhammad Khadafi
Manajer PLN Rayon Semarang Barat

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved