RSUD Ambarawa Tambah Alat Cuci Darah dan Bisa Tangani Pasien Kanker

RSUD Ambarawa Tambah Alat Cuci Darah dan Bisa Tangani Pasien Kanker

RSUD Ambarawa Tambah Alat Cuci Darah dan Bisa Tangani Pasien Kanker
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Persiapan tempat untuk peralatan hemodialisis (cuci darah) di RSUD Ambarawa, Selasa 2 Februari 2016 

Laporan Tribun Jateng, Rahdyan Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM,UNGARAN- RSUD Ambarawa meningkatkan prasarana di bidang kesehatan yaitu dengan menambah tempat tidur dan alat Hemodialisis. Penambahan itu dipicu oleh banyaknya pasien yang melakukan cuci darah (Hemodialisa) menyebabkan RSUD Ambarawa Kabupaten Semarang menambahkan layanan berupa tempat tidur untuk pasien yang melakukan Hemodialis.

Menurut Dirut RSUD Ambarawa, Rini Susilowati, pelayanan Hemodialisis terbatas. Jumlah tempat tidur Hemodialisis pun ditambahnya dari 6 tempat tidur menjadi 19 tempat tidur. Selain tempat tidur juga ditambahkan alat Hemodialisis.

Saat ini penambahan fasilitas Hemodialisis masih dalam proses pelebaran ruangan. Ia janji penambahan tersebut akan dapat terealisasi pada akhir bulan ini. Menurutnya penambahan tempat tidur bertujuan agar pasien BPJS maupun Non BPJS Hemodialis dapat ditangani. Jika jumlahnya terlalu banyak maka pasien dirujuk ke RSUD lain.

Kepala Pelayanan RSUD Choirul Anam menambahkan kini pasien kanker di area Ambarawa tak perlu antre di RSUP Kariadi di Kota Semarang karena sudah bisa ditangani di RSUD Ambarawa. Selain itu dokter penyakit dalam, Apoteker, dan perawat dilatih oleh Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (PERHOMPEDIN) sehingga RSUD Ambarawa dapat menangani pasien penderita kanker.

RSUP Kariadi telah menunjuk tiga RSUD yaitu RSUD Cemara, RSUD Rembang, RSUD Ambarawa. Dokter-dokter di RSUD sudah dilatih di RSUP Kariadi untuk penangan dan penggunaan alat kemoterapi hingga memperoleh sertifikasi. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved