Undip Kirim Delegasi Mahasiswa ke Amerika Serikat

Usai mengikuti ajang HNMUN 2016, para delegasi Undip juga dijadwalkan bertemu dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York

Undip Kirim Delegasi Mahasiswa ke Amerika Serikat
Tribun jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi- Sejumlah mahasiswa Undip di depan kampu Fakultas Kedokteran. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Handaka

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Diponegoro kembali mengirimkan lima delegasi terbaiknya untuk berpartisipasi di ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) Sesi Ke-62 di Boston, Amerika Serikat tanggal 11-14 Februari 2016 mendatang, Rabu (3/2/2016).

Harvard National Model United Nations (HNMUN) adalah konferensi simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diikuti oleh delegasi-delegasi dari perguruan tinggi di dunia. Para delegasi akan mempresentasikan berbagai hal tentang negara asal, serta dituntut menganalisis permasalahan-permasalahan internasional dan menemukan solusi.

Kelima mahasiswa itu adalah Rizki Rudwi Pradesta dan Levina Ameline (Fakultas Kedokteran), Dana Paramita (Fakultas Ilmu Budaya), Adila Nawan Hasrimi (Fakultas Sains dan Matematika), serta Atiqah Anugrah (Fakultas Hukum). Mereka terpilih setelah melalui serangkaian seleksi ketat, mulai dari seleksi berkas, forum group discussion, interview, hingga simulasi sidang PBB.

"Ada banyak seleksi yang harus diikuti sebelum terpilih menjadi delegasi. Karena di sana nantinya kita akan bersanding dengan seluruh delegasi terbaik dari seluruh perguruan tinggi yang ada di dunia. Jadi harus bisa menampilkan yang terbaik karena kita membawa nama Undip," tutur Ketua Delegasi Undip, Rizki Rudwi Pradesta.

Dalam HNMUN 2015 ini, delegasi Undip mempresentasikan negara Jepang, Kolombia, dan Zambia yang terbagi ke dalam beberapa komite, yaitu World Health Organization (WHO), Historical General Assembly (HGA), International Civil Aviation Organization (ICAO), dan Science and Technology for Development (CSTD).

Usai mengikuti ajang HNMUN 2016, para delegasi Undip juga dijadwalkan bertemu dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, serta melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia Washington DC serta World Bank. Dengan mengikuti program ini, para delegasi diharapkan dapat mengasah keterampilan berdiplomasi, memperluas wawasan internasional, serta menajamkan kemampuan negosiasi. (*)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: rustam aji
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved