Tribun Kampus

Februari Ini, UKSW Mulai Terapkan Audit Internal

Ada 56 prodi di UKSW secara bertahap yang mulai menerapkan proses auditor internal tersebut. Yang menjadi auditor adalah mereka para dosen

Februari Ini, UKSW Mulai Terapkan Audit Internal
IST
KAMPUS UKSW SALATIGA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui Pusat Penjaminan Mutu Akademik (PPMA) mulai menerapkan proses Auditor Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) di tingkat program studi (prodi) pada Februari 2016 ini. Penerapan yang digagas itu pasca puluhan dosen mengikuti pelatihan sebagai auditor pada bulan sebelumnya.

Hal itu disampaikan Direktur PPMA UKSW Sri Yulianto Joko Prasetyo kepada Tribun Jateng, Kamis (4/2/2016). Dan secara umum dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kemampuan auditor internal di kampus yang berada di Jalan Diponegoro Kota Salatiga tersebut. Sehingga universitas dapat mengejar standar akreditasi internal secara nasional ke depannya.

"Ada 56 prodi di UKSW secara bertahap yang mulai menerapkan proses auditor internal tersebut. Yang menjadi auditor adalah mereka para dosen yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan AMAI. Jumlahnya ada sekitar 47 dosen dari berbagai fakultas di UKSW. Teknisnya, mereka mengaudit baik di prodi masing-masing serta lintas prodi," kata Yulianto.

Menurutnya, proses yang dilakukan tersebut sebagai tahapan awal sebelum tiap prodi tersebut diaudit oleh pihak eksternal atau sama seperti kampus lainnya yakni dari tim auditor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Teknis audit pun diklaim sama seperti yang dilakukan oleh tim auditor eksternal. Pihaknya menggunakan sistem key performance indikator yang telah disusun satuan tugas (satgas) AMAI UKSW.

Terpisah, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW Prof Daniel D Kameo menyampaikan, apabila penjaminan mutu sudah menjadi bentuk pertanggungjawaban sebuah perguruan tinggi. Itu pula yang menjadi titik proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan perguruan tinggi secara konsisten serta berkelanjutan sehingga mereka memperoleh kepuasan. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved