Tribun Kampus

Peringati Hari Bahasa Ibu, UPGRIS Gelar Lomba Bahasa Jawa

Dengan latar belakang itulah maka kemudian ia mengadakan kegiatan yang bertujuan mengangkat kembali bahasa jawa beserta dengan kesenian

Peringati Hari Bahasa Ibu, UPGRIS Gelar Lomba Bahasa Jawa
Tribun Jateng/Rival Al Manaf
Dra Asropah MPd, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas PGRI Semarang

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Memperingati hari bahasa ibu internasional Universitas PGRI Semarang UPGRIS akan memperingatinya dengan berbagai perlombaan yang mengangkat bahasa ibu (Jawa) yang pada tanggal 20 Februari nanti.

Dra Asropah MPd, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas PGRI Semarang menjelaskan perlombaan yang akan digelar adalah macapat, lomba mendongeng berbahasa Jawa, dan lomba tari Jawa kreasi baru.

"Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu saat ini menjadi sorotan di masyarakat karena berkurangnya penutur bahasa Jawa. Para Ibu bahkan sudah jarang menggunakan bahasa Ibu (Jawa) dan lebih sering mengajak anaknya berkomunikasi dengan bahasa asing," tulis Asropah dalam keterangan tertulisnya.

Dengan latar belakang itulah maka kemudian ia mengadakan kegiatan yang bertujuan mengangkat kembali bahasa jawa beserta dengan kesenian yang menyertainya.

"Sasaran kami sebagai peserta adalah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat tingkat se Jawa Tengah," imbuhnya.

Menurutnya banyaknya peserta nantinya juga akan menjadi acuan untuk mengukur minat siswa SMA dalam menggunakan bahasa Jawa.

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved