Breaking News:

Banjir Kudus

Tiga Titik Tanggul Sungai Wulan Longsor

"Sudah kami laporkan ke dinas terkait, tapi belum ada tindakan sampai sekarang," katanya.

Tribun Jateng/Putut Dwi Putranto
Sebanyak 120 orang baik dari unsur TNI, BPBD, BBWS dan juga masyarakat melakukan upaya perbaikan kerusakan tanggul sungai wulan di Dusun Ngelo Kulon, Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kamis (11/02/2016). Titik tanggul sungai di wilayah itu mengalami longsor sehingga dikhawatirkan akan jebol jika tak segera dilakukan perbaikan. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -- Sekdes Setrokalangan, Abdul Hamdi, mengatakan tanggul Sungai Wulan yang berada di wilayahnya mengalami longsor di tiga titik. Menurut dia, longsor tersebut terjadi sudah cukup lama.

"Sudah kami laporkan ke dinas terkait, tapi belum ada tindakan sampai sekarang," katanya.

Hanya, diakuinya longsor yang terjadi masih dalam skala kecil, dan secara keseluruhan belum membahayakan.

"Longsoran kecil-kecil, tapi di salah satu titik cukup panjang area yang longsor, mungkin hampir dua ratusan meter," ucap dia.

Kepala BPSDA Seluna, Noviyanto belum mendapat laporan adanya tanggul longsor tersebut. Menurut dia, jika memang ada tanggul longsor di Setrokalangan, maka masyarakat bisa mengusulkan perbaikan, melalui musrenbang. "Diusulkan saja, nanti akan kami tindaklanjuti," katanya.

sediakan ribuan karung

Dinas Binamarga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kudus, turut menyiapkan antisipasi untuk mengatasi banjir. BPESDM sudah menyiapkan ribuan karung berisi tanah.

"Jika ada tanggul kritis atau jebol, atau semacamnya bisa digunakan," ucap Kepala BPEDM Kudus, Sam'ani Intakoris, Jumat (12/2).

Disampaikan, pihak BPESDM setidaknya menyediakan lima ribu karung. Dari jumlah itu, yang sudah berisi tanah atau pasir sekitar 1.100 buah.

"Kemarin yang sudah dipakai sekitar 400 karung, jadi karung sudah terisi dan ready di sini masih sekitar 700," ucap Sam'ani.

Menurut dia, setiap ada kerja bakti di lingkungan dinasnya, Sam'ani meminta agar karung-karung yang masih kosong diisi tanah. "Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan kan siap pakai," ujar dia. (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved