Tribun Kampus

Dua Guru Besar Berbagai Universitas Bicara Keberagaman di UPGRIS

Hadir sebagai pemateri Prof Mudji Sutrisno guru besar UI, Prof FX Sugiyanto dari Undip, dan Dr Sudharto dari UPGRIS.

Dua Guru Besar Berbagai Universitas Bicara Keberagaman di UPGRIS
Istimewa
Seminar Nasional Upgris 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang menggelar seminar nasional dengan tema Identitas Keindonesiaan di Tengah Liberalisasi Ekonomi, Politik, Pendidikan dan Budaya di Gedungpusat Lantai 7, Sidodadi Semarang, Rabu (17/2/2016).

Hadir sebagai pemateri Prof Mudji Sutrisno guru besar UI, Prof FX Sugiyanto dari Undip, dan Dr Sudharto dari UPGRIS.

"Multikulturalisme sesungguhnya merupakan perwujudan hakikat manusia secara Universal, hakikat itu berupa keberagaman sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk corak, ungkapan, dan tingkah laku," beber Sudharto.

Prof Mudji dalam pemaparannya lebih menafsirkan tentang menafsirkam keindonesiaan yang dicerna dalam berbagai aspek seperti Ekonomi, Politik, Pendidikan dan Budaya.

"Keragaman sebagai bangsa jila semua berjalan dengan baik akan mengarah pada negara yang demokratis dan mempunyai kepastian hukum, sehingga kita seharusnya bisa menonjolkan keberagaman dan saling pengertian secara bersamaan," imbuhnya.

Seminar itu diikuti oleh dosen, guru, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Rahma Kusumaningtyas, salah satu peserta menyatakan seminar itu menjadi penting lantaran Indonesia saat ini dihadapkan pada globalisasi yang menawarkan nilai baru dalam MEA.

"Pengaruh globalisasi itu bisa memberikan dampak negatif, oleh karena itu seminar dengan pembicara budayawan yang berkompeten yang memaparkan bagaimana kita tidak kehilangan jatidiri," paparnya.

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved