RSUD Tugurejo Semarang Kebanjiran Pasien Kanker

RSUD Tugurejo Semarang Kebanjiran Pasien Kanker

RSUD Tugurejo Semarang Kebanjiran Pasien Kanker
net
RSUD Tugurejo Semarang Kebanjiran Pasien Kanker 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Awal tahun 2016, RSUD Tugurejo kebanjiran pasien kanker. Dalam kurun waktu Januari sampai Februari tahun ini, RS Tugurejo telah menangani 102 pasien kanker, lebih dari separuhnya, atau 56 orang merupakan pasien kanker payudara. Sementara 13 pasien di antaranya telah meninggal dunia.

Kepala Bidang Pelayanan RS Tugurejo Dr Ikhwan H.Z mengatakan, pertumbuhan jumlah pasien kanker, khususnya kanker payudara, sangat tinggi. "Di sini kan RS rujukan. Jadi rata-rata pasien kanker yang sudah masuk sini sudah stadium 3 dan 4," katanya.

Meningkatnya jumlah pasien kanker juga terlihat dari tingginya pendaftar layanan kemoterapi di RSUD Tugurejo. Sejak dibuka setahun lalu, ruang layanan kemoterapi selalu sesak pasien. Bahkan untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus mengantre antara satu sampai dua minggu.

Demikian halnya, pasien rawat jalan yang mendaftar di poli onkologi juga membludak. Dalam sehari, penanganan pasien di poli ini dibatasi sampai 35 orang. Sementara orang yang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan di poli ini selalu melebihi kuota. Akhirnya, untuk mendapatkan pelayanan di sini, pasien harus mengantre sampai dua minggu.

"Visi RSUD ingin menjadi rumah sakit rujukan kanker. Jadi ke depan sarana dan pelayanan akan ditingkatkan," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved