Tribun Kampus

Konferensi Kerja PGRI Jateng Desak Peningkatan Kesejahteraan Guru Wiyata

Prof. Ravik menyatakan bahwa ada 3 prinsip utama yang harus menjadi tujuan seorang guru yakni Well Educated, Well Trained, Well Paid.

Konferensi Kerja PGRI Jateng Desak Peningkatan Kesejahteraan Guru Wiyata
Tribun Jateng/Rival Al Manaf
Konferensi Kerja Provinsi PGRI Jawa Tengah Tahun Kedua Masa Bakti XXI yang digelar di Semarang, 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Konferensi Kerja Provinsi PGRI Jawa Tengah Tahun Kedua Masa Bakti XXI yang digelar di Semarang, 27 hingga 28 Februari 2016 menghasilkan pernyataan untuk mendorong dan mendesak pemerintah melahirkan sejumlah kebijakan untuk mewujudkan pendidikan bermutu.

Konferensi kerja para pengurus kabupaten, kota dan provinsi PGRI dibuka oleh Kepa Dinas Pendidikan Jateng, dan dihadiri oleh Dewan Penasihat yakni Rektor UNDIP, Rektor UNS, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Kebijakan yang kami desak diantaranya tentang pengutamaan dan pemuliaan guru, termasuk guru non PNS dan guru tetap yayasan harus juga memperoleh penghasilan yang layak," tulis Ketua PGRI Jateng, Widadi dalam keterangan pers yang dikirim ke Tribun Jateng, Selasa (1/3/2016).

Selain itu, Widadi menambahkan, pengembangan keprofesian guru atau pelatihan guru sebagaimana dijanjikan akan segera dilaksanakan setelah pemetaan UKG didesak untuk segera dilaksanakan sesuai kebutuhan guru dan menjankau semua guru berdasar hasil pemetaan.

"Yang paling mendesak adalah meningkatkan status guru dan tenaga kependidikan wiyata bakti yang masuk dalam kategori II (K2) tersisa menjadi CPNS atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Dalam konferensi tersebut, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, dan Rektor UNS Prof Ravik Karsidi, menjadi pembicara dihadapan puluhan pengurus PGRI Jateng.

Prof. Ravik dalam pemaparannya menekankan bahwa Guru harus menjadi garda terdepan dalam proses pembentukan masa depan bangsa." Untuk itu lembaga penghasil guru harus mampu memberi modal intelektual dan profesional kepada para calon guru agar lebih berkualitas dan berdayasaing," terangnya.

Oleh karena itu, menurutnya PGRI perlu kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) untuk terus saling memberikan stimulus perbaikan.

Lebih lanjut Prof. Ravik menyatakan bahwa ada 3 prinsip utama yang harus menjadi tujuan seorang guru yakni Well Educated, Well Trained, Well Paid.

"Guru tidak saja harus Well Educated, tetapi guru juga harus mendapat training yang berkelanjutan serta jaminan penghasilan yang layak," pungkasnya. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved