Biar Nggak Nyeri Saat Datang Bulan, Konsumsilah Jenis Makanan Ini

Biar Nggak Nyeri Saat Datang Bulan, Konsumsilah Jenis Makanan Ini

Biar Nggak Nyeri Saat Datang Bulan, Konsumsilah Jenis Makanan Ini
tribunjateng/hermawan handaka/dok
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM - Sebagian wanita mengalami sakit perut bahkan nyeri hingga tulang belakang saat akan datang bulan. Pramenstrual Syndrome alias PMS itu bisa mengganggu aktivitas, terutama saat tubuh sedang kekurangan magnesium.

Menurut National Institutes of Health, rata-rata manusia tak memenuhi kebutuhan mineral tubuhnya dan juga tidak menyerap magnesium secara maksimal.

“Padahal, magnesium sangat penting selama perempuan haid karena ketika hormon estrogen dan progesteron meningkat, maka magnesium pun akan berkurang,” kata nutrisionis Kelly LeVeque dikutip tabloidnova, Kamis (3//3/2016).

Ia menambahkan, kurangnya kadar magnesium dalam tubuh bisa membuat potensi migrain dan keluhan PMS seperti kembung, pusing, lemas, dan dehidrasi meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium, ini dia rekomendasi LeVeque tentang makanan yang kurangi nyeri jelang datang bulan, seperti yang disampaikan pada SELF.

1. Sayuran Berdaun Hijau Tua
Selain meningkatkan imunitas, sayuran berdaun hijau tua juga kaya akan magnesium. “Dari bayam hingga daun kale, sayuran dengan daun hijau tua adalah superfoods yang paling mudah didapat untuk memenuhi kadar magnesium di tubuh.” Satu cangkir bayam, tambahnya, mengandung hingga 150mg magnesium!

2. Ikan
Menurut LeVeque, Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan juga mengandung begitu banyak magnesium. "Mackerel dan tuna adalah pilihan yang baik, tapi salmon adalah yang terbaik," katanya.

"Ikan salmon tinggi magnesium, serta mengandung vitamin D dan vitamin B12," tambahnya. Seperti diketahui, banyak orang yang kekurangan dua vitamin tersebut.

3. Artichoke
Apakah artochoke makanan yang bisa kurangi nyeri jelang datang bulan? Sebuah artichoke mengandung 20 persen dari kebutuhan magnesium manusia. Selain itu, ia juga berfungsi untuk mengurangi perut kembung. Ditambah 10 gram serat dari setiap buahnya, artichoke bisa memperbaiki kesehatan pencernaan Anda.

4. Biji-bijian
Biji wijen dan biji labu mengandung banyak magnesium. ”Hanya satu ons biji tersebut, mengandung 100 mg magnesium,” tambahnya. Selain dimakan begitu saja, ia juga merekomendasikan menambahkan biji-bijian tersebut pada salad atau hidangan tumis.

5. Avokad
“Alasan lain Anda sebaiknya mengonsumsi avokad adalah karena ia kaya magnesium.”
Bila salah satu gejala PMS Anda adalah rasa lapar yang tak terkontrol, nutrisionis menganjurkan untuk mengonsumsi alpukat.

“Avokad atau alpukat dan minyak avokad memiliki kandungan asam oleat tak jenuh tunggal yang snagat tinggi. Ini bisa memperlambat penyerapan makanan Anda dan membuat Anda kenyang,” terang LeVeque.

6. Kacang-Kacangan
Ya, kacang almon, kacang Brazil, dan kacang mete, ternyata mengandung sangat banyak magnesium. Selain itu, tambah LeVeque, kacang-kacangan juga memiliki manfaat lain, yaitu sumber protein, serat, dan lemak tak jenuh. ”Ini menjadi snack yang sangat baik untuk mereka yang merasa kekurangan energi selama PMS.”

7. Dark Chocolate
Sering menginginkan cokelat ketika jelang datang bulan? Itu sangat wajar. Tapi, dianjurkan Anda memilih dark chocolate. ”Sebanyak 100 gram dengan 70–85 persen kakao, mengandung 58 persen magnesium.” Ia menambahkan, dark cokelat juga mengandung serat, zat besi, mangan, potasium, seng, dan selenium. Ingat, pilih batang cokelat yang tak mengandung gula. Pasalnya, gula bisa berkontribusi dalam penipisan magnesium. (*)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved