Breaking News:

Akses Jalan Sigentong Brebes Tertutup Jalan Tol Pejagan, Warga Minta Dibuatkan Terowongan

Akses Jalan Sigentong Brebes Tertutup Jalan Tol Pejagan, Warga Minta Dibuatkan Terowongan

Penulis: fajar eko nugroho | Editor: iswidodo
tribunjateng/dok
FOTO DOKUMEN pengerjaan jalan tol 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Fajar Eko Nugroho

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Saat libur Hari Nyepi, Rabu (9/3) Bupati Brebes Idza Priyanti ditemani SKPD terkait, menerima silaturahmi warga desa Sigentong Kecamatan Wanasari guna menanyakan proyek nasional Jalan Tol yang telah menutup akses jalan poros desa.

Mereka menuntut PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) yang merupakan anak usaha Waskita Karya untuk dibuatkan terowongan jalan. Namun hingga enam bulan terakhir tidak mendapat tanggapan apapun dari pihak pengelola jalan tol sehingga mengadu ke Bupati.

"Mewakili warga desa Sigentong, kami telah menutut kepada pihak Tol dalam hal ini PPTR untuk dibuatkan jalan trowongan akses pertanian dengan ukuran lebar 3 meter dan tinggi 2,5 meter. Namun hingga enam bulan belum mendapatkan tanggapan apapun dari Pihak Waskita Karya," ujar Koordinator Silaturahmi Moh Iqbal Z kepada Bupati.

Menurut Iqbal, PPTR telah ingkar janji sehingga dia bersama 10 orang perwakilan warga bersilaturahmi ke Pendopo Bupati untuk meminta bantuan solusi meskipun hari libur.

"Alhamdulillah, Bupati sudi menerima kami dan langsung menelepon pihak PPTR untuk dicarikan solusi terbaiknya," ujar Iqbal usai menghadap Bupati.

Selain tertutupnya akses jalan pertanian, lanjut Iqbal, perbaikan jembatan jalan desa juga ikut rusak akibat dampak pembangunan jalan tol di desa Sigentong. Jembatan tersebut juga belum mendapatkan penanganan.

Setelah mendengar pengaduan dari warga, Bupati juga langsung menghubungi penanggung jawab pihak PPTR Mulya Setiawan via telephone.

Dalam pembicaraannya, pihak PPTR menjanjikan segera akan merealisasikan permintaan warga Desa Sigentong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. "Kamis besok (10/3), warga meminta pihak PPTR untuk hadir dalam rangka memastikan persetujuan secara tertulis atas aspirasi warga Desa Sigentong, di kantor Kecamatan Wanasari," ujar Camat Wanasari Nurudin.

Total investasi pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 4,8 triliun. Biaya ini akan dipenuhi oleh PT Pejagan Pemalang Tol Road (dimiliki oleh anak usaha Waskita Karya) sebagai badan usaha jalan tol dengan didukung pinjaman dari Bank Exim Indonesia.

Tol ini terbagi menjadi 4 seksi, yakni Seksi I (Pejagan - Brebes Barat) panjang 14,20 km, Seksi II (Brebes Barat - Brebes Timur) panjang 6,00 km, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur) panjang 10,40 km dan Seksi IV (Tegal Timur-Pemalang) panjang 26,90 km. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved